Light L16, Kamera dengan 16 Lensa Individual yang Melekat di Tubuhnya

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 13 Okt 2015 | 13:57

Image credit to The Verge

Dunia fotografi mendapatkan sebuah kejutan dengan gebrakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan startup bernama Light. Phonearena melaporkan bahwa perusahaan tersebut baru saja meluncurkan sebuah kamera L16 yang sangat revolusioner.

Jika kamera lain, bahkan kamera dengan tele berharga ratusan juta rupiah hanya bisa dipasangi bergantian dengan satu lensa foto saja, maka Light L16 mempunyai 16 buah lensa foto individual yang terpasang pada hanya satu body kamera. Perusahaan yang membuatnya menyebut kamera ini sebagai “multi-aperture computational camera”. Kamera yang diperkenalkan pada acara Code/Mobile Conferense tersebut memang sungguh revolusioner dengan 16 unit lensa individual.

Dengan 16 buah lensa tak lantas membuat Light L16 menjadi berukuran besar, namun justru hanya seukuran Nexus 6 dengan ketebalan dua kali ketebalan smartphone tersebut. Hal ini berbeda dengan ukuran kamera DSLR yang memang selalu berukuran besar. Ketika dipergunakan untuk mengambil gambar, Light L16 menangkap foto secara bersamaan dengan focal length yang berbeda.

Baca juga: Kamera Film Fujifilm Instax Mini 70 Resmi diumumkan

Fitur ini berguna untuk mengambil lebih banyak data gambar dari setiap jepretan yang dilakukan. Data yang dihasilkan oleh keenambelas lensa tersebut kemudian diolah dengan teknologi yang dikembangkan oleh Light serta digabungkan sehingga diperoleh sebuah gambar berkualitas tinggi dengan ukuran 52MP.

Bahkan dengan teknologi yang dikembangkan oleh Light, fotografer bisa mengedit kembali depth of field, fokus dan bahkan pencahayaan setelah foto diambil. Dengan kualitas gambar 52MP dan fitur editing tersebut bisa dikatakan Light L16 mampu bersaing dengan kamera DSLR profesional yang mempunyai kemampuan sejenis.

Light L16 berjalan di atas platform Android dengan fitur built-in WiFi yang memungkinkan fotografer bisa langsung mengupload gambar langsung dari alat tersebut. Light L16 dibekali dengan 35mm-150mm optical zoom dan pada bagian belakang terdapat sebuah layar touchscreen dengan ukuran 5 inci. Kamera Light L16 dengan 16 lensa ini dijual dengan harga diskon $1.299 selama preorder hingga 6 November mendatang di web Light dan akan mulai dikirimkan tahun 2016 mendatang. Diluar masa preorder, kamera ini dijual seharga $1,699 atau setara Rp 23 jutaan

 

Baca juga artikel

Perbandingan Rekaman Video 4K, iPhone 6s vs Nikon d750

Rumor: Bocoran Spesifikasi Kamera Mirrorless Canon EOS M10

Kenali 7 Alat Pembersih Lensa Kamera DSLR Biar Makin Kinclong

Artikel Lainnya

Komentar