WhatsApp Memiliki Fitur Backup Data yang Bisa Disimpan di Google Drive

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 12 Okt 2015 | 14:14

Ada tulisan menarik dari blog Google Drive yang kami kunjungi. Judul yang tertera, “Keep your memories safe with WhatsApp and Google Drive”. Bisa diartika begini, tetaplah simpan memorimu bersama WhatsApp dan Google Drive.

Tentu saja judul tersebut menarik perhatian. Pasalnya, layanan aplikasi chat WhatsApp bukanlah milik Google, melainkan milik Facebook. Dan tidak ada keterangan resmi yang menyatakan bahwa Google bekerjasama dengan WhatsApp

Hanya saja, menurut yang tertulis di blog tersebut, disebutkan bahwa pengguna yang tidak menyukai memori dan data percakapan mereka tersimpan di WhatsApp. Seperti diketahui, bahwa jika kita akan melihat gambar atau video yang dikirim via WhatsApp, maka video atau gambar tersebut harus diunduh terlebih dulu sehingga akan memenuhi memori internal.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, WhatsApp menambahkan opsi backup data dan mengembalikan riwayat percakapan, voice mail, foto, dan video pada Google Drive.

Baca juga: Pengguna Aktif Bulanan Whatsapp Capai 900 Juta

Caranya melakukan backup datanya pun cukup mudah. Yang paling penting adalah kamu menghubungkan akun Google Drive dengan WhatsApp. Kemudian kamu hanya perlu masuk ke bagian settings, lalu pilih chats and calls, dan pilih chat backup. Nanti, akan ada pilihan “back up to Google Drive”

Agar fitur ini berjalan mulus, dibutuhkan smartphone dengan Android versi 2.3.4 atau lebih tinggi. Smartphone juga harus memiliki layanan Google Play Service. Itu artinya, beberapa smartphone yang dikostumisasi sistem Androidnya sehingga tidak ada layanan Google Play Service tidak akan dapat menjalankan fitur ini.

Fitur ini sendiri sudah hadir di aplikasi WhatsApp. Hanya saja, tampaknya masih banyak yang belum mendapatkan fitur ini. WhatsApp di smartphone kami juga belum ada update terkait fitur ini.Tampaknya, fitur ini tidak hadir secara serentak untuk seluruh pengguna di dunia. Mungkin, WhatsApp dan Google Drive baru menguji di beberapa kawasan saja.

Selain itu, belum ada pula penjelasan terkait apakah fitur ini akan datang juga pada WhatsApp versi iOS atau tidak. Tapi menurut kami, kemungkinan besar fitur ini akan hadir pula pada WhatsApp versi iOS.

 

Baca juga artikel

WhatsApp Web Hadir di iPhone

WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Download Whatsapp Plus ke Zenfone Anda, Gratis!

Artikel Lainnya

Komentar