Benarkah Huawei Nexus 6P adalah Jiplakan ZTE Grand S?

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 08 Okt 2015 | 02:30

Kemiripan pada bagian kamera ZTE Grand S dengan Huawei Nexus 6P

Belum lama beredar, Huawei Nexus 6P sudah didera kabar tak sedap. Smartphone yang merupakan hasil kerja sama Google dengan Huawei tersebut dituduh merupakan hasil contekan dari ZTE Grand S yang diluncurkan pada tahun 2013 yang lalu. ZTE Grand S lebih dikenal sebagai ZTE Athena. Jika diperhatikan, memang desain pada Huawei Nexus 6P sangat mirip dengan ZTE Grand S yang telah terlebih dahulu diluncurkan.

Salah satu petinggi ZTE mengungkapkan kekesalanya di Weibo dengan mengatakan bahwa Huawei Nexus 6P mengambil salah satu elemen penting dari ZTE Grand S, yaitu pada rumah kamera. Jika kedua perangkat dibandingkan pada desain casing belakangnya, maka rumah kamera yang berbentuk  elips tersebut memang sangat mirip dengan ZTE Grand S. Bentuk desain elips inilah yang dipermasalahkan oleh ZTE dan menjadi sumber kekesalan ZTE.

Bagian dengan bentuk elips ini tak hanya rumah kamera Huawei Nexus 6P, namun juga komponen antena serta komponen NFC. Entah apakah ZTE akan membawa masalah ini ke ranah hukum untuk meminta pertanggungjawaban Huawei atau tidak.

Baca juga: Huawei Honor Play 5X Dirilis 10 Oktober?

Bagian dengan bentuk Elips tersebut sangat penting bagi Huawei Nexus 6P karena menjadi rumah sebuah kamera dengan sensor 12,3 MP dengan ukuran piksel 1,55 micron serta aperture f/2.0. Tak hanya itu, kamera pada Huawei Nexus 6P juga mempunyai autofocus laser dengan dual LED Flash dan OIS. Untuk kamera depan, Huawei Nexus 6P membawa sensor dengan kekuatan 8MP dan piksel 1,4 micron.

Pada bagian layar Huawei Nexus 6P membawa layar AMOLED dengan bentang 5,7 inci beresolusi Quad HD 2560 x 1440 piksel dan proteksi Gorilla Glass 4. Pada bagian hardware, Huawei Nexus 6P membawa chipset octa core 64 bit Snapdragon 810, RAM 3GB dan mesin grafis Adreno 430.

Kita tunggu saja kasus penjiplakan desain ini, apakah akan berkakhir seperti sengketa Samsung – Apple ataukah mereka akan berdamai.

 

Baca juga artikel

Rumor: Huawei P9 Akan Gunakan Dua Kamera Utama

Huawei sedang menyiapkan Honor 5X

Rumor: Huawei Honor 7 Plus dengan RAM 3GB

Artikel Lainnya

Komentar