Android Lollipop Sudah Digunakan Sebanyak 23.5 % Smartphone Android Dunia

Android Lollipop Sudah Digunakan Sebanyak 23.5 % Smartphone Android Dunia

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 08 Okt 2015 | 02:20

Android Lollipop yang hadir dalam versi 5.0 dan 5.1 menjadi salah satu sistem operasi dari Google yang terus merangkak naik sejak bulan lalu. Setidaknya ada 23,5% smartphone yang sudah menggunakan Android Lollipop, meningkat dari sebelumnya yang hanya 21%.

Data tersebut berdasarkan rilis update mengenai perkembangan peta sistem operasi Android hingga Oktober 2015 yang telah dirilis oleh Google. Laporan tersebut mengungkap popularitas Android dari berbagai versi dan yang masih aktif digunakan hingga saat ini. Data-data tersebut dikumpulkan berdasarkan perangkat Android yang mengunjungi atau mendownload aplikasi dan game di Play Store selama 7 hari terakhir hingga 5 Oktober kemarin.

Dalam laporan tersebut juga diungkap kalau beberapa sistem Android lama mengalami penurunan populasi seiring semakin maraknya perangkat baru ataupun seiring bertambahkan jumlah pengguna smartphone yang melakukan update sistem operasi.

Baca juga: HP Mito, Nexian,dan Evercoss Dapat Update Marshmallow

Beberapa pengguna juga tampak mulai beralih perangkat baru mengingat harga smartphone saat ini yang semakin variatif. Berdasarkan laporan ini, maka Android Lollipop yang diluncurkan tahun lalu mengalami perkembangan yang cukup baik dan mampu menguasai berbagai kelas smartphone baik premium dan low-end.

Sistem operasi Android 4.4 KitKat yang populer diantara sistem Android lainnya justru kini mengalami penurunan hingga 0,3 % menjadi 38,9%. Sementara itu, sistem Android Jelly Bean yang terdiri dari versi 4.1, 4.2 dan 4.3 hadir dengan persentase 30,2 %.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich sendiri masih terinstal hingga 3,4% di smartphone aktif. Sementara Android 2.3 Gingerbread berada pada 3,8% smartphone Android dunia. Ada juga Android 2.2 Froyo dan Android awal yang dirilis pada 2010 berada di posisi terakhir dengan 0,2 persen smartphone aktif di dunia.

 

Baca juga artikel

5 Smartphone dengan Prosesor Deca-core yang Siap Rilis di 2015

Daftar HP Android yang Dapat Update Android 6.0 Marshmallow 2015

Kelemahan Lollipop Terungkap Sejak Marshmallow Dirilis

Artikel Lainnya

Komentar