10 Keunggulan Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL Patut Dicoba

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 07 Okt 2015 | 14:48

Setelah dirilis Lumia 950 dan Lumia 950 XL langsung menjadi pusat perhatian di jagat maya. Pasalnya kedua perangkat ini menjadi senjata andalan Microsoft untuk bertarung di pasar smartphone kelas atas.

Mengusung Window 10 mobile, smartphone ini hadir dengan layar lebar, prosesor gahar dan kamera berteknologi terkini. Tentu saja dengan fitur-fitur tersebut, harga kedua smartphone ini tidaklah murah. Lalu, apa saja fitur yang dihadirkan dalam kedua smartphone high-end Microsoft ini?

Layar lebar QuadHD

Satu hal yang menarik dalam kedua smartphone ini ialah hadirnya layar yang lebih lebar dibanding seri Lumia sebelumnya. Microsoft menghadirkan teknologi OLED dan QuadHD 1440 x 2560 pixels. Lumia 950 sendiri menggunakan layar berukuran 5,2 inci untuk Lumia 950 dan Lumia 950 XL menggunakan layar 5,7 inci. Layar ini juga dibekali teknologi hemat daya sehingga tidak akan boros baterai.

Mesin Performa tinggi

Microsoft serius menggarap smartphone ini. Buktinya kedua Lumia menggunakan dua mesin berbeda. Dalam Lumia 950 terpasang chipset Snapdragon 808 dan Adreno 418, sementara Lumia 950 XL menggunakan Snapdragon 810 dengan Adreno 430. Ini tentu memberikan pengalaman navigasi yang super cepat, terlepas isu overheating pada chipet Snapdragon 810.

Baca juga: Lumia 550, Smartphone Windows 10 di Kelas Entry Level

Teknologi Liquid Cooling

Microsoft menghadirkan teknologi pendingin yang berasal dari Surface Pro. Namun, belum jelas apakah teknologi ini bisa mengatasi overheating pada Snapdragon 810.

Sistem Antena baru

Microsoft juga menghadirkan antena baru guna menangkap sinyal lebih baik dan kuat. Dalam smartphone ini kamu bisa menangkap sinyal 4G LTE untuk mendownload dan browsing lebih cepat.

Kamera Utama 20 MP

Microsoft juga menggunakan kamera utama baru yakni kamera 20 MP dengan Sony Exmor RS dengan LED Natural Flash. Kamera ini diklaim mampu menangkap gambar lebih detail dengan sokongan Optical  image stabilization. Kamera utama ini juga sudah bisa merekam video 4K. Pada bagian kamera depan, Microsoft menggunakan kamera depan 5 MP.

Memori internal 32 GB

Microsoft menggunakan memori penyimpanan 32 GB dan slot microSD  hingga 2TB. Cukup besar sehingga tidak ada masalah untuk menyimpan berbagai file dalam satu ponsel.

USB Type C

Microsoft menghadirkan tren terbaru, USB Type C. fitur ini memungkinkan kamu memindahkan data atau mengisi ulang dengan cepat.

Baterai besar dengan Quick Charging

Microsoft menghadirkan baterai berkapasitas lumayan besar yakni 3000 mAh pada Lumia 950 dan 3340 mAh pada lumia 950 XL. Terpasang pula fitur quick charge yang mampu mengisi baterai hingga 50 % dalam waktu 30 menit saja.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Lumia 950 dan Lumia 950 XL

Windows Continuum

Fitur ini memungkinkan smartphone diubah menjadi CPU. Kamu cukup menaruh smartphone ini pada dock kecil yang bisa dihubungkan dengan monitor, keyboard dan mouse.

Iris Scanner

Fitur ini sayangnya masih tahap ujicoba. Kedepannya fitur iris scanner Windows Hello ini akan bisa membuat kamu membuat ponsel hanya dengan memandang kearah kamera depan saja.

 

Baca juga artikel

Dua HP Windows 10 Resmi Rilis, Berapa Harga Lumia 950 dan 950 XL?

Bocoran Desain Microsoft Lumia 550 Terkuak

Screenshoot Lumia 950 XL Muncul Jelang Peluncurannya

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 08 Oktober 2015 - 10:11
iris scanner ga nahan :3