YiSpecter, Malware Terbaru di iOS yang Sudah Menyerang 57 Vendor

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 06 Okt 2015 | 22:54

Sudah tak asing lagi, beberapa malware di iOS sering ditemukan di Cina. Kali ini sebuah Malware baru teridentifikasi kembali dengan nama YiSpecter. Malware ini berbeda dengan kebanyakan malware untuk iOS yang menyerang perangkat iOS yang sudah dan belum di jailbreak. Tentu saja, malware ini unik dan memiliki kebiasaan yang berbeda. Untungnya, malware ini baru menginfeksi perangkat iOS di negara Cina dan Taiwan.

Baca juga: PC Terinfeksi Malware? Lakukan Langkah-langkah ini!

Malware ini menyebar dengan cara yang tidak biasa. Maksudnya, malware ini seakan membajak lalu lintas dari ISP nationwide, SNS worn pada Windows dan aplikasi offline yang tidak resmi. Banyak pengguna iPhone yang sudah melaporkan kejadian ini pada Apple dan membahasnya di forum-forum resmi, namun masih belum menemukan solusi mengatasi malware ini. Malware ini bahkan sudah 10 bulan menyerang 57 sistem keamanan vendor.  

Malware YiSpecter juga dilaporkan menyerang secara membabi buta pada berbagai aplikasi. Parahnya, malware ini bisa mendownload aplikasi secara sembunyi-sembunyi. Malware ini bahkan bisa mengganti aplikasi yang asli dengan aplikasi yang terkena virus. Malware ini bahkan mulai menginfeksi aplikasi safari dan mengubah semua pengaturan browsing, menampilkan iklan secara penuh dan berbagai kerusakan lainnya.

Mengenai hal ini, seperti dikutip dari GSMarena, Apple langsung menanggapi hal tersebut dengan mengeluarkan pernyataan bahwa malware tersebut terindikasi bukanlah malware besar.

“Malware ini kabarnya hanya berdampak pada pengguna perangkat Apple yang menggunakan iOS versi lama dan mendownload malware tersebut dari sumber yang tidak jelas. Kami terus melacak keberadaan malware ini dalam iOS 8.4 dan juga memblokir aplikasi-aplikasi yang kemungkinan telah terinfeksi dan bisa menyebarkan malware ini,” ujar pihak Apple.

Apple juga mengingatkan pengguna untuk selalu menginstal iOS versi terbaru dan hanya mendownload aplikasi dari sumber resmi seperti App Strore dan iTunes.

 

Baca juga artikel

Awas! Malware Mengintai Perangkat Android Anda

Jebakan Malware di Balik Video “Gadis Mabuk Setelah Pesta.”

Waspada! Malware Masque Attack Hantui Perangkat iOS

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 07 Oktober 2015 - 11:01
ngeri banget yang beginian
ajengputrip 07 Oktober 2015 - 16:19
Berarti ini nyerang perangkat iOS yang di jailbreak ya? kalau nggak di jaibreak tetep bisa kena juga nggak ya?