Diperbaharui pada Jumat, 2 Oktober 2015 | 14:02

Android Kuasai Separuh Pasar OS Dunia

Dalam era sistem operasi mobile, persaingan sesungguhnya terjadi antara Android dan iOS. Seperti bulan September kemarin, Android kembali menjadi penguasa pasar sistem operasi mobile meninggalkan jauh iOS yang terkenal sebagai sistem operasi mahal. Data ini didapat dari NetMarketShare, sebuah web peneliti dan monitoring gadget.

Dalam laporan yang ada, pasar iOS sedikit menurun dibulan September ini. iOS kembali turun dari 40,82 % di bulan agustus menjadi 38,58 % pada bulan September. Berbeda dengan lawan sejatinya, Android yang meningkat dari 52,14% pada Agustus menjadi  53,54 % pada September ini. Namun, tampaknya angka ini tidak akan bergeser terlalu jauh kedepannya meski iOS dan Android baru telah hadir. Pasalnya, April tahun lalu, Apple iOS berada pada angka 41,97% sebelum perlahan turun hingga sempat naik pada awal 2015.

Baca juga: Daftar HP Android yang Dapat Update Android 6.0 Marshmallow 2015

Hingga saat ini belum ada alasan yang pasti mengapa pasar sistem Apple iOS turun pada bulan September ini. Hal ini bisa terjadi dengan kemungkinan masih banyak pengguna yang menanti iPhone terbaru. Banyak pelanggan smartphone yang menahan untuk membeli iPhone. Namun, kalau melihat angka penjualan iPhone terbaru di akhir September, mungkin persentase pasar iOS akan meningkat beberapa bulan kedepan.

Namun, semenjak Google merilis Nexus 5X dan Nexus 6P. Banyak juga pengguna smartphone yang menahan diri untuk membeli smartphone. Jadi kita lihat saja siapa yang akan unggul di akhir tahun nanti.

 

Baca juga artikel

Google menghadirkan Kategori Family Dalam Play Store

Cara Mudah Memaksimalkan Fitur di Google Play

Yuk, Cicipi Android 6 Marshmallow Lewat Google Now Launcher

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts