Apple Content Blocker Ternyata Menghemat Waktu dan Uang

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 02 Okt 2015 | 11:07

Image credit to iMore

Seperti yang diketahui, Apple telah merilis generasi baru iPhone dengan iOS yang juga baru, awal September lalu. Dalam iOS tersebut, Apple menghadirkan fitur ad block terbaru. Ad Block sendiri sering digunakan kala browsing atau menonton video di youtube. Fitur ini akan menghalau atau mencegah iklan gambar dan video yang tidak diinginkan muncul.

Menariknya, sebuah penelitian dilakukan oleh majalah New York Times untuk mengetahui seberapa berguna dan efektif kah mobile ad blockers bekerja. Hasilnya, Ad block tidak hanya menghemat waktu tetapi juga menghemat uang pengguna iPhone.

Tes ini dilakukan menggunakan iPhone 6 yang menjalankan iOS 9 dengan Ad Blocker dari pihak ketiga yang juga bisa digunakan di Android. Dalam tes tersebut, iPhone 6 dipaksa membuka beberapa website sekaligus setidaknya lima kali dalam kurun waktu dua hari. Lalu, tes ini kembali diulang dengan mengaktifkan ad blocker. Fakta yang mengejutkan ialah kala menggunakan ad blocker, proses loading web menjadi semakin cepat.

Baca juga: iPhone 6s Plus Coba Dibengkokkan, Ini Hasilnya!

Sebagai contoh, kala membuat sebuah web ubergizmo misalnya, dibutuhkan waktu 2.5 detik untuk menampilkan iklan dan 4,3 detik untuk menampilkan konten website. Artinya, kala menggunakan ad block kamu menghemat hingga 2.5 detik.

Fakta lain yang menarik tentu saja ad block menghemat uang. Dalam pengetesan, iPhone 6 menggunakan data operator Amerika. Dilaporkan, terjadi penghematan kuota karena tidak me-load iklan – iklan yang boros kuota.

Tentu saja Ad block masih menjadi perdebatan banyak pihak. Pasalnya banyak website yang dibiayai oleh iklan. Makanya bila ad block digunakan dan iklan tidak tampil,  darimana pendapatan untuk mengembangkan web akan datang. Walaupun demikian, tes ini juga menjadi masukan berarti agar kedepannya Ad Block bisa didesain lebih baik dan lebih menguntungkan semua pihak.

 

Baca juga artikel

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Direndam Dalam Air, Apa Jadinya?

Tips iOS 9: Cara Setting iPhone Sebagai Wifi Hotspot Dalam 1 Menit

10 Cara Mudah dan Aman Downgrade iOS 9 ke iOS 8.4.1

Artikel Lainnya

Komentar