Kamera ini Bisa Rekam Video 380 Derajat

Kamera ini Bisa Rekam Video 380 Derajat

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 23 Sep 2015 | 14:48

Sejak tahun lalu tren action kamera mulai booming dengan hadirnya beragam kamera baru yang mengikuti jejak GoPro, kamera tangguh yang bisa dipergunakan di dalam kondisi apapun. Sejak saat itu pula lah trend video 360 mulai hadir.

Trend ini lebih banyak didorong oleh hadirnya konten virtual reality yang digagas oleh Google dan beberapa perusahaan lain seperti Sony, Oculus dan Samsung. Apalagi Google juga sudah meluncurkan Cardboard yang berfungsi menjadikan smartphone sebagai alat virtual reality. Teknologi yang diperkenalkan pada acara peluncurkan Android Lollipop tahun lalu ini banyak diadaptasi dan dipergunakan oleh banyak penggemar fotografi dan juga konten video 360.

Salah satu cara untuk mendapatkan konten video 360 adalah dengan memasang sebuah kamera, seperti GoPro, pada sebuah Rig yang dapat berputar dengan kecepatan konstan, sehingga didapat konten video 360, hal ini karena GoPro tak punya fitur putar 360 derajat. Jika kamu ingin buat konten video 360 dengan mudah tanpa ribet, coba saja pake Ricoh Theta S.

Baca juga: Kamera Kodak PixPro SP360-4K Bisa Foto 360 Derajat tanpa Aplikasi

Menurut salah satu postingan di Theverge, Ricoh Theta S bisa dipergunakan untuk merekam dan memotret 360 derajat dengan sangat mudah. Kamera yang merupakan versi update dari Theta yang telah dirilis dua  tahun yang lalu ini mempunyai fitur yang lebih baik seperti internal storage yang lebih besar, 8 GB dan desain yang lebih apik.

Yang unik, jika kamera lain hanya bisa merekam 360 derajat, Ricoh Theta S bisa merekam380 derajat. Hal ini dikarenakan Theta S memakai dua buah kamera wide angle 12 MP di kedua sisi dengan sudut pandang kamera maksimal 190derajat, sehingga total 380 derajat sudut yang bisa direkam. Hal tersebut memang disengaja agar proses penggabungan video dan foto menjadi lebih mudah dan akurat. Ricoh Theta S menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik dan detil serta minim noise karena kedua lensa mempunyai aperture lensa f/2.0.

Pada bagian atas terdapat lubang-lubang microphone dan speaker yang saling bersebelahan, sementara pada bagian bawah terdapat port USB, HDMI port dan lubang untuk tripod (Tripod Mount). Pada bagian samping terdapat power lamp, wireless button, power button, dan capture mode button pada bagian depan ada tombol shutter dengan berbagai lampu indikator (total ada 4 tombol, power, wifi, mode video/foto, dan tombol shutter/mulai merekam). Pengguna Theta S bisa langsung mengunduhnya ke smartphone dengan aplikasi Theta atau upload ke web khusus Theta.

Kabarnya kamera Ricoh Theta S ini akan segera hadir di kawasan Asia, Amerika dan Eropa dengan banderol harga di kisaran $349 atau 5 jutaan saja.

 

Baca juga artikel

5 Kamera Mirrorless Terbaik Penganti DSLR di 2015

Polaroid Snap Camera, Kamera Kecil Bisa Cetak Foto dengan Resolusi 10MP

Holga Digital, Kamera Vintage bagi Pecinta Fotografi Lo-Fi

Artikel Lainnya

Komentar

risky praba 29 September 2015 - 17:31
woahh keren bisa 380derajat berapa ya kira2 harga nya di indonesia