Google Siap Rilis Android Marshmallow dan Nexus 2015 di 29 September

Google Siap Rilis Android Marshmallow dan Nexus 2015 di 29 September

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 22 Sep 2015 | 14:25

Google baru-baru ini mengumumkan akan mengadakan sebuah even pada 29 September mendatang, yang diduga sebagai ajang dirilisnya sistem Android terbaru, Android 6.0 Marshmallow.  

Dalam ajang tersebut, rumornya Google sekaligus memperkenalkan dua perangkat barunya yakni Nexus 5X dan Nexus 6P yang akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan Android 6.0 secara resmi.

Lalu, apa sih keunggulan Android Marshmallow ini?

Google sendiri sebelumnya telah memperkenalkan sistem operasi ini dengan nama Android M. Namun, Android M masih berbentuk developer preview. Android M ini diperkenalkan pada Mei 2015 dan dapat digunakan pada perangkat Nexus 5 dan Nexus 6 hingga tablet Nexus 9. Dalam versi pertama ini, Android M hadir dengan build number MPZ44Q.

Kemudian pada 17 Agustus 2015, Google merilis update  untuk Android M dengan build number MPA44G. Versi ini merupakan versi pelengkap dari MPA44I yang merupakan update kedua Android M.

Dalam update ketiga dengan build number MPA44, Google menghadirkan berbagai perubahan yang diklaim sebagai cikal bakal Android Marshmallow yang akan dirilis akhir September nanti. Dalam update ini, Google menghadirkan cukup banyak perubahan seperti permission control, fingerprint scanner hingga perubahan API. Update ini juga menyempurkan beberapa bugs yang sebelumnya muncul di Android Lollipop.

Baca juga: Kelemahan Lollipop Mulai Terungkap Sejak Marshmallow Dirilis

Fitur Android Marshmallow

Bila memang Android M versi terakhir merupakan Android 6.0 Marshamallow maka fitur yang diusung tidak akan jauh berbeda. Berikut beberapa fitur yang ada dalam sistem operasi terbaru Google ini:

App Permisions baru

Ini merupakan fitur standar yang awalnya hadir untuk memudahkan pengguna dalam menginstal aplikasi dari Play store dan selain bersumber dari Google Play Store. App permission juga merupakan fitur penyesuaian bila hendak memasang aplikasi baru. kini, kamu bisa mengatur izin sebuah aplikasi lebih lengkap. Misal, aplikasi tertentu tidak boleh mengakses kamera atau fitu lain tanpa ijin dari kamu.

Fast Charging

Google juga menyadari perkembangan teknologi yang ada. Dalam sistem operasi terbaru ini, Google menghadirkan kemampuan fitur fast charging atau kemampuan mengisi baterai yang lebih cepat. Sayangnya, tidak semua produsen membekali smartphonenya dengan fitur fast charging. Rata – rata, fitur ini hanya ada di smartphone kelas menengah ke atas. Walaupun demikian, Google menjanjikan semua smartphone yang menggunakan Android Marshmallow akan tetap bisa mengisi baterai lebih cepat walaupun tidak ada fitur bawaannya. Selain itu, sistem terbaru ini juga sudah mendukung port USB Type C sehingga mengisi daya baterai semakin maksimal.

Fingerprint Sensor

Hampir sebagian besar ponsel kelas menengah ke atas saat ini dibekali fitur keamanan sidik jari atau fingerprint scanner. Dalam Android 6.0, Google memperbaharui fitur ini sehingga smartphone dengan sistem ini bisa melakukan penguncian lebih cepat dan lebih akurat. Dengan sensor sidik jari ini, kamu juga bisa menggunakannya untuk transaksi online.

Baca juga: Jangan Harap Menemukan Dark Theme di Android Marshmalllow

Android Pay

Google juga merilis sistem pembayaran online Android melalui koneksi NFC bernama Android Pay. Hadirnya fitur ini membuat Google siap bersaing dengan Samsung Pay dan Apple Pay. Dengan sistem terbaru Google,  pengguna akan lebih mudah melakukan pembayaran melalui smartphone Android.

Hemat Daya

Salah satu kelembahan smartphone ialah borosnya baterai akibat penggunaan aplikasi yang berlebihan. Dalam Android 6.0 hadir dengan fitur hemat daya atau power managemen baru. Fitur ini memungkinkan smartphone mengurangi aplikasi yang aktif di background. Sistem ini dibekali sensor baru yang mengetahui aplikasi mana yang aktif digunakan dan mana aplikasi yang jarang digunakan. Selain itu, ada sistem baru yang membuat smartphone akan mengatur jaringan sehingga baterai diklaim lebih awet.

Auto Back – up

Android Marshmallow dibekali fitur auto back – up untuk menyimpan aplikasi ke Google Drive maksimal 25 MB. Dengan demikian, pengguna tidak perlu risau bila aplikasi tidak sengaja terhapus.

Baca juga: Belajar Marketing Lewat Aplikasi Primer dari Google Cuma 5 Menit

Google Now terbaru

Google juga dikabarkan akan menghadirkan versi baru Google Now. Versi terbaru ini diharapkan semakin membantu pengguna smartphone Android dalam bekerja atau mencari sesuatu dalam smartphone miliknya atau mencari di dunia maya. Google akan menamai fitur ini dengan Now on Tap.

RAM Manager

Sistem operasi ini juga dibekali fitur RAM manager untuk mempermudah pengguna yang sering membuka banyak aplikasi atau multitasking. Dengan fitur ini, Android 6.0 ini akan berjalan lebih cepat dibanding Android 5.1 sebelumnya.

Lalu, bagaimana dengan tampilan atau user Interface dari Android 6.0?

Dari preview Android M versi terakhir, tampak tampilan sistem terbaru ini tidak berbeda jauh dengan seri Android Lollipop. Perbedaan hanya muncul pada penyusunan aplikasi yang kini kembali horizontal, meski ada juga user interface yang menampilkan versi vertical. Walaupun demikian, hal ini tidak berpengaruh besar. Apalagi bila kamu sudah terbiasa menggunakan Android 5.0 Lollipop maka kamu tidak perlu beradaptasi lagi.

Untuk tampilan pengaturan dan notification bar akan hadir dengan tema yang lebih terang. Google juga menambahkan pilihan baru pada pengaturan untuk mempermudah pengguna. Secara keseluruhan, tampilan sistem terbaru ini diklaim lebih cerah dan lebih halus.

Bila kamu masih penasaran dengan Android Marshmallow, sebaiknya kamu menunggu hingga 29 september mendatang saat Google merilis Nexus 5X dan Nexus 6P.

 

Baca juga artikel

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Cara Mensinkronkan File Smartphone Android ke Komputer dengan Mudah

Cara Diteksi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Mengisi daya

Artikel Lainnya

Komentar