Speed Test iOS 8.4.1 Versus iOS 9 di iPhone 6, 5s, 5 dan 4s

Speed Test iOS 8.4.1 Versus iOS 9 di iPhone 6, 5s, 5 dan 4s

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 22 Sep 2015 | 12:14

Seperti diketahui beberapa hari lalu, iOS 9 resmi rilis ke publik. Hadir dengan berbagai perubahan, sistem operasi ini membuat banyak pengguna melirik sistem operasi Apple terbaru ini. Namun, bukan berarti sistem operasi lama iOS 8.4.1 ditinggalkan begitu saja. pasalnya dalam OS lama ini, Apple juga menghadirkan beberapa perubahan dari versi lama sehingga diklaim lebih cepat dari iOS 8 sebelumnya.

Lalu, bagaimana bila kedua sistem operasi ini iOS 8.4.1 dan iOS 9 dibandingkan? Mana yang lebih cepat? Sebelum melangkah lebih jauh, berikut uraian singkat mengenai iOS 8.4.1 dan iOS 9?

Apple iOS 8.4.1

Sistem operasi ini merupakan versi update dari iOS 8 yang dirilis pada 13 Agustus lalu. Dalam update ini memang tak terlalu besar tetapi  sangat berpengaruh pada peforma sistem yang diklaim lebih cepat. Update yang ditujukan untuk iPhone, iPad dan iPod Touch ini memang sedikit menarik, pasalnya update ini kabarnya merupakan versi lengkap yang digadang-gadang merupakan cikal bakal dari iOS 9.

Apple iOS 8.4.1 update

Dalam iOS 8.4.1, Apple tampaknya lebih fokus memperbaiki sistem keamanan dan sistem music dari iOS 8.4 yang dirilis pada Juni lalu. Kamu akan menemukan perbaikan pada iCloud music Library sehingga mudah diaktifkan, hingga perbaikan file musik yang tersembunyi karena sebelumnya Apple music hanya menampilkan music offline saja. Apple juga membenahi bagian playlist sehingga semakin mudah menambahkan lagu baru ke dalam playlist. Apple juga membenahi touchID agar lebih responsive dan semakin akurat kala digunakan.

iOS 8.4.1 sendiri sudah bisa digunakan pada beberapa perangkat Apple termasuk iPhone 6, iPhone 6 plus, iPhone 5, iPhone 5s, iPad Air 2, iPad Air hingga iPad mini 2. Sistem ini juga bisa digunakan pada iPhone 4s hingga iPod touch generasi kelima.

Baca juga: Bagaimana Menginstal iOS 9 Untuk iPad, iPhone dan iPod Touch?

Kala digunakan di beberapa perangkat tersebut, iOS 8.4.1 ternyata menghadirkan peningkatkan peforma baik mesin dan user interface. Beberapa perangkat iPhone generasi 6 dan 5 kabarnya meningkat performa mesinnya. Apple juga membuat tampilan user interface lebih halus dan responsive. Tak hanya itu, Apple juga membenahi sistem konektivitas seperti Bluetooth hingga Wifi. Dan yang terpenting, tweaks pada update kali ini membuat daya tahan baterai pada perangkat Apple semakin awet.

Apple iOS 9

Setelah sukses dengan iOS beta, Apple pun akhirnya menghadirkan secara resmi sistem operasi terbarunya iOS 9 kepada public pada 17 September kemarin. Kabarnya, sistem ini hadir dengan pembaharuan yang sangat berbeda dibanding iOS lainnya. Sayangnya, seperti iOS sebelumnya, untuk versi pertama ini masih banyak bug dan masalah yang harus segera dibenahi Apple agar iOS 9 bisa bersaing dengan sistem operasi lainnya.

Apple iOS 9 update

Apple menjanjikan fitur-fitur baru dalam iOS terbaru ini seperti baterai yang lebih awet, browsing yang lebih cepat, user interface yang lebih stabil hingga waktu boot iPhone dan iPad yang lebih cepat. Apple dikabarkan menghadirkan fungsi-fungsi baru seperti fungsi pencarian yang lebih responsive dan lebih luas. Apple juga memperbaharui fitur kalender sehingga lebih akurat, termasuk memperbaiki sistem reminder.  Dalam sistem ini, Apple juga menghadirkan fitur pencari nomor otomatis. Bila ada nomor yang tidak dikenal menelpon kamu, maka iOS 9 akan secara otomatis melacak menggunakan email dan media lainnya.

Perubahan yang cukup menarik lainnya ialah pada aplikasi Siri. Dalam iOS 9, Apple menghadirkan tampilan baru pada siri. Selain itu, Apple juga menambah kepintaran Siri sehingga asisten digital ini semakin berguna. Apple bahkan mengatakan, Siri dalam iOS 9 40% lebih cepat dan lebih akurat dibanding iOS sebelumnya, Apple juga menambahkan fitur reminder baru pada Siri.

Baca juga: iOS 9.1 Tawarkan Beraneka Macam Emoji Menarik

iOS 9 sendiri bisa digunakan pada perangkat iPhone 4s hingga iPhone 6 Plus. Kamu juga bisa menggunakan sistem ini pada iPad, IPad 2 dan iPad mini. Setidaknya dibutuhkan memori sebsar 1 GB lebih untuk bisa menginstal sistem operasi ini.

Adu kecepatan iOS 8.4.1 dengan iOS 9 di iPhone 6, 5s, 5 dan 4s

Setelah memahami kelebihan dan peningkatan fitur kepada kedua sistem operasi, Lalu manakah yang lebih cepat antara kedua sistem operasi tersebut? Sebuah video dari penggemar Apple mencoba mengungkap kecepatan kedua sistem operasi Apple ini.

Dalam video tersebut, akan ditampilkan perbandingan iOS 8.4.1 dan iOS 9 pada beberapa perangkat iPhone berbeda diantaranya terdapat iPhone 6, iPhone 5s, iPhone 5 dan iPhone 4s.

Dalam permulaan video, ditampilkan waktu boot perangkat iPhone berbagai tipe dengan iOS 8.4.1 dan iOS 9. Hasilnya, pada beberapa iPhone seperti iPhone 6, iPhone 5 dan iPhone 5s, waktu boot iOS 9 lebih cepat dibanding iOS 8.4.1. Namun, kala digunakan pada iPhone 4s, waktu boot iOS 9 jauh tertinggal hingga 3 detik dibanding iOS 8.4.1. Dari pengujian ini nampak, iOS 9 memang dirancang untuk iPhone generasi lebih baru.

Dibagian video lainnya, IOS 8.4.1 lebih unggul kala digunakan membuka aplikasi dibanding iOS 9. Terlihat iOS 9 masih mengalami jeda 1-2 detik sebelum aplikasi sepenuhnya terbuka. Pengujian ini dilakukan pada beberapa aplikasi termasuk Apple maps, iTunes hingga browser. Menariknya, kala digunakan pada iPhone 4s, iOS 9 juga terasa lambat kala harus membuka aplikasi. Namun, kala digunakan di iPhone 6, iOS 9 dan iOS 8.4.1 tidak berbeda jauh kala membuka aplikasi.

Berdasarkan video tersebut dapat disimpulkan bahwa, iOS 8.4.1 ternyata masih memiliki keunggulan dibanding iOS 9. Apple tampaknya harus bekerja lebih keras lagi menyempurnakan iOS 9. Diharapkan update berikutnya iOS 9 sudah bisa digunakan pada iPhone 6 dengan lebih cepat dan lebih responsif. Namun, untuk saat ini, iOS 8.4.1 memang lebih cepat.

Video adu kecepatan iOS 8.4.1 vs iOS 9

 

Baca juga artikel

New Apple TV Membawa Siri, Aplikasi dan Game iOS ke Layar Lebar

Khusus Selandia Baru, Mozilla Tes Firefox untuk iOS

Aplikasi Perpesanan Twitter Untuk iOS Dirilis

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 29 September 2015 - 17:34
Kangen iOS 8 :( ini bug "service providernya jadi angka" masih betah di ipin ane gan :((
ajengputrip 29 September 2015 - 18:53
wah iOS 9 aman2 aja lho di iPhone ane hehehe udah dicoba dinyalain mode airplane nya terus tunggu >1menit blm kak?