Qualcomm Quick Charge 3.0, Dampingi Peluncuran Snapdragon 430 dan 617

Qualcomm Quick Charge 3.0, Dampingi Peluncuran Snapdragon 430 dan 617

Oleh Alena Yulitta on Senin, 21 Sep 2015 | 15:17

Beberapa hari yang lalu Qualcomm baru saja merilis dua prosesor baru yaitu Snapdragon 430 dan Snapdragon 617. Kedua prosesor generasi terbaru tersebut menawarkan berbagai kelebihan, namun yang menarik, pada saat peluncuran tersebut Qualcomm juga merilis teknologi Quick Charge 3.0 yang merupakan  teknologi terbaru pengisian baterai kecepatan tinggi.

Kabar baik lain, fitur pengisian cepat ini akan segera ditanamkan pada prosesor generasi terbaru buatan Qualcomm, antara lain adalah SoC Snapdragon 820, 620, 618, 617, dan 430. Secara teoritis, Quick Charge 3.0 mampu mengisi baterai sampai full 2X lebih cepat dari Qucik Charge 1.0. Qualcomm mempergunakan algoritma pengisian baru dan juga rentang tegangan listrik yang lebih luas sehingga baterai lebih cepat terisi.

Quick Charge 3.0 lebih efisien dari Qucik Charge 2.0 yang saat ini paling banyak ditemukan pada smartphone kelas menengah ke atas. Untuk memaksimalkan penggunaanya. Quick Charge 3.0 akan dibuat kompatibel dengan berbagai jenis port pengisian daya, seperti semua jenis USB (standar, microUSB, dan USB Type-C) serta port pengisian daya khusus yang tak mempergunakan USB.

Baca juga: Snapdragon 430 dan 617, Jagoan Baru Qualcomm untuk Hp Mid-Range

Namun perlu diperhatikan bahwa Quick Charge 3.0 belum mendukung fitur pengisian cepat lewat konektivitas nirkabel, padahal saat ini fast wireless charging sudah bisa ditemukan pada perangkat milik Samsung, yaitu Galaxy S6, S6 Edge dan Note 5. Hal ini tidak begitu mengejutkan karena pada ketiga perangkat tersebut, prosesor yang dipergunakan adalah Exynos yang merupakan prosesor besutan Samsung sendiri.

Jadi sebentar lagi semua perangkat yang mempergunakan chipset buatan Qualcomm akan segera menikmati fitur Quick Charge 3.0 yang artinya lebih sedikit waktu yang terbuang percuma hanya untuk menunggu smartphone terisi penuh baterainya.

 

 

Baca juga artikel

Ini Skor AnTuTu Samsung Galaxy S7 dengan Chipset Snapdragon 820

Perangkat dengan Chipset Snapdragon 820 Siap Dirilis pada 2016

Snapdragon 616 Saingi Chipset MediaTek Dikelas Menengah

Artikel Lainnya

Komentar