Xperia Tahan Air Tapi Sony Larang untuk Dibawa Berendam

Xperia Tahan Air Tapi Sony Larang untuk Dibawa Berendam

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 17 Sep 2015 | 15:05

Sony telah membuat pasar tercengang dengan produk smartphone-nya yang tahan air. Tak banyak smartphone yang memiliki kemampuan tersebut. Tentu saja hal itu menjadi nilai plus untuk Sony dimana smartphone-nya kerap menjadi pilihan para pengguna yang gemar melakukan kegiatan outdoor.

Rating IP68 yang menjadi fitur utama Xperia milik Sony menjadi salah satu daya tariknya. Namun, baru-baru ini, Sony memperingatkan jika pengguna dilarang menggunakan Xperia di bawah air. Perusahaan itu menegaskan bila rating IP pada perangkat Xperia diujicoba pada mode standby. Itu sebabnya, pengguna tidak diperbolehkan mengoperasikan perangkat, termasuk mengambil foto, di bawah air.

Sony Xperia Z5

Tidak mengapa untuk mencelupkan Xperia ke dalam air selama beberapa detik. Namun, membawa Xperia menyelam ke dalam air, hal itu amat tidak disarankan. Tentunya hal itu bertolak belakang dengan promosi Sony terkait produk Xperia Z3. Perangkat itu diklaim bisa digunakan untuk mengambil foto di bawah air.

Hingga kini, belum ada penjelasan dari Sony mengapa perusahaan itu tiba-tiba mengubah kata-katanya. Ada kemungkinan pengguna Xperia komplain terkait Xperia mereka yang rusak lantaran digunakan di bawah air. Peringatan yang dikeluarkan tersebut menjadi respon Sony terhadap permasalahan yang terjadi.

Baca juga: Sony Ungkap Kampanye ‘Made for Bond’ Xperia Z5

Sony meluncurkan seri Xperia pertama kali pada 2008 silam. Pada 2010, perusahaan besar asal Jepang meluncurkan Xperia X10 yang berjalan di sistem operasi Android. Kemunculan Xperia menjadi pilihan alternatif bagi para pengguna yang menginginkan perangkat dengan fitur komplit dan harga cukup terjangkau.

Sony memiliki model Xperia teranyar yang dinamai Z4. Dengan style Omnibalance, perangkat tersebut memiliki ketebalan 6,9 mm saja. Bodinya terbuat dari alumunium serta, tentunya, dibekali dengan fitur tahan air dan debu. Xperia Z3 memiliki layar 1920 x 1080 berukuran 5,2 inci.

Kamera belakang Xperia Z4 memiliki resolusi 20,7 MP. Untuk mendukung selfie serta video chat, tersedia sebuah kamera depan dengan resolusi 5,1 MP. Dengan begitu, kualitas foto atau gambar yang didapat akan terlihat lebih tajam dan berkualitas tinggi.

Smartphone anyar tersebut dibekali dengan prosesor Octa core Snapdragon 810 serta RAM 3 GB. Dengan begitu, sistem operasi Android Lollipop bisa berjalan secara lebih optimal. Untuk menyuplai daya, Xperia Z4 disisipi dengan baterai 2930 mAh.

 

Baca juga artikel

Sony Sindir Apple di Twitter Gara-gara Baterai iPhone 6s

Xperia Z5 Dibongkar, Ini Rahasia Sony Redam Masalah Overheating!

Pertempuran Sony Xperia Z5 Premium vs Samsung Galaxy S6 Edge+

Artikel Lainnya

Komentar