Ada Lovelace, Sang Pioneer di Bidang Komputing Ilmiah

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 16 Sep 2015 | 16:12

Ada Love, Programmer komputer pertama

Kamu tentu tak asing lagi dengan nama Bill Gates atau Steve Jobs. Mereka adalah dua tokoh besar di dunia komputer. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang Ada Lovelace? Ternyata ia merupakan pioneer di bidang komputing ilmiah dan bahkan dianggap sebagai programer komputer pertama di dunia.

Ratusan tahun sebelum teknologi komputing menginvasi segala aspek kehidupan manusia, hiduplah seorang wanita jenius yang sudah “mengutak-atik” dunia science. Kecerdasan Ada Byron, Countess of Lovelace, itu telah menjadikannya sebagai salah satu ikon besar di dunia komputer.

Wanita keturunan bangsawan yang lahir pada tahun 1815 itu telah diperkenalkan ke dunia matematika oleh sang ibu, Anne Isabelle Milbanke, sejak kecil. Ada menganggap dirinya sebagai seorang analis dengan pendekatan ilmu pengetahuan puitis. Sejak remaja, ia terus berkutat di bidang matematika sehingga pada akhirnya Ada mulai bekerjasama dengan pakar matematika, Charles Babbage.

Mereka bersama-sama menggarap Mesin Analisa. Berbagai catatan telah ditulis Ada dan banyak pakar yang menganggap proyek mereka merupakan program komputer pertama di dunia. Perlu diketahui, catatan-catatan buatan Ada banyak digunakan pada jaman awal pengembangan teknologi komputer.

Baca juga: Jangan Harap Menemukan Dark Theme di Android Marshmalllow

Ada telah mengembangkan visinya terkait kemampuan-kemampuan komputer. Ia memiliki gambaran jika komputer tak hanya untuk melakukan kalkulasi, melainkan lebih banyak hal kompleks lainnya. Catatan yang ditulis Ada dilabeli berdasarkan huruf A hingga G.

Pada catatan G, Ada menjelaskan mengenai algoritma untuk mesin analisa untuk melakukan komputasi. Hal itu menjadi algoritma pertama yang diimplementasi secara spesifik pada sebuah komputer. Hal inilah yang membuat Ada dianggap sebagai programer komputer pertama di dunia.

Sayangnya, uji coba terhadap mesin itu tak pernah selesai, begitu pula dengan kode buatan Ada yang tak sempat dites. Ada wafat pada usia yang terbilang muda, yakni 36 tahun, akibat kanker leher rahim yang menggerogotinya selama beberapa bulan. Namun, mesin yang digarap Ada dan Charles kini dianggap sebagai model awal komputer.

Kontribusi besar Ada terhadap teknologi modern tersebut diabadikan dalam sebuah bahasa komputer. Bahasa komputer Ada diambil dari nama wanita luar biasa tersebut dan manual referensinya disetujui pada 10 Desember 1980. Selain itu, komunitas komputer Inggris juga memiliki medali dengan nama Ada. Medali tersebut dianugrahkan pada para wanita di sebuah kompetisi yang digelar tahunan.

 

Baca juga artikel

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Cara Mensinkronkan File Smartphone Android ke Komputer dengan Mudah

Cara Diteksi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Mengisi daya

Artikel Lainnya

Komentar