Luar Biasa, Canon Punya Sensor 250 MP!

Oleh Nadia Maharani on Jumat, 11 Sep 2015 | 19:47

Ilustrasi

Canon mengumumkan bahwa perusahaan asal Jepang tersebut berhasil mengembangkan sensor 250MP. Bahkan, menurut Canon, image sensor tersebut memiliki ukuran fisik amat kecil sehingga muat untuk dimasukkan ke dalam kamera digital SLR.

Saking bertenaganya, Canon mengatakan jika sensor image 250 MP tersebut mampu melihat atau membedakan huruf-huruf yang ada di sisi sebuah pesawat yang tengah terbang 11 mil dari lokasi shooting. Hal itu menggambarkan betapa luar biasanya kemampuan produk anyar tersebut.

Tak cuma untuk mengambil foto, sensor baru itupun bisa digunakan untuk merekam video. Kualitas gambarnya 30 kali lebih baik dari hasil rekaman dengan resolusi 4K atau 3840 x 2160 piksel. Menggunakan sensor tersebut, memperbesar gambar pada video tanpa merusak resolusi gambar jadi amat memungkinkan.

Namun, tentunya kualitas gambar yang super tajam tersebut harus dibayar dengan ukuran file yang besar. Sebagai konsekuensinya, untuk setiap detik pada 30 frame per second, setidaknya dibutuhkan ruang penyimpanan sebesar 1,25 GB. Dengan demikian, video dengan kualitas tinggi tersebut tersimpan.

Baca juga: Canon ME20F-SH, Kamera Super Sensitive dengan ISO 4 Juta

Canon menjelaskan bahwa dengan sensor CMOS, peningkatan pada besaran piksel juga akan berimbas pada volume sinyal. Hal itu dapat menyebabkan keterlambatan sinyal dan timing. Namun, dengan sensor CMOS yang telah dikembangkan Canon, meski pikselnya besar, diimbangi dengan kecepatan membaca sinyal hingga 1,24 milyar per detik.

Teknologi untuk memproses sinyal yang dimiliki sensor baru Canon itu akan menyuguhkan hasil yang luar biasa tajam dengan kualitas tinggi. Namun, kemampuan sensor tersebut juga akan berdampak pada harga.

Untuk pasar konsumen, harga perangkat dengan sensor tersebut diperkirakan akan menjadi sangat mahal. Itu sebabnya, sepertinya Canon akan menggunakan sensor itu untuk perangkat pencegah kejahatan dan pengawasan.

Bagi kamu yang menunggu kehadiran kamera DSLR dengan resolusi super tinggi, tak usah khawatir. Canon juga tengah mengembangkan sebuah kamera yang memiliki kemampuan foto dengan resolusi 120 MP. Dengan kemampuan tersebut, pengguna bisa menciptakan ulang tekstur 3D.

Saat ini, kamera DSLR buatan Canon yang telah beredar di pasaran mempunyai resolusi tertinggi 50 MP. Canon EOS 5 DS merupakan model kamera DSLR dengan resolusi tinggi tersebut dan kerap menjadi pilihan para fotografer profesional sebagai “rekan kerja” mereka.

 

Baca juga artikel

Tarung Kamera Zoom, Canon SX60 dan Nikon P900

Canon 750D Resmi Hadir di Indonesia

Canon G3X Resmi Dirilis dengan Fitur ZOOM Terbaru

Artikel Lainnya

Komentar