3D Touch dan Force Touch Sama Atau Beda?

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 10 Sep 2015 | 14:49

Kehadiran iPhone 6s dan 6s Plus memang fenomenal. Kedua ponsel ini cukup dinanti mengingat beberapa fitur baru yang melekat pada ponsel ini sangat menarik, Sebut saja fitur 3D Touch Display yang kabarnya akan menjadi tren di perangkat gadget masa depan.

Sebelumnya, teknologi 3D Touch Display sudah bocor ke jagat maya dengan nama Force Touch. Teknologi Force Touch sudah lama dihadirkan Apple pada varian MacBook dan Apple Watch. Bagi sebagian orang, ini mungkin hanya beda nama saja. Namun ternyata teknologi 3D Touch Display berbeda dengan teknologi Force Touch.

Seperti yang ditulis Wired.com, 3D Touch Display pada iPhone baru merupakan bagian dari Force Touch. Pada dasarnya, memang kedua teknologi ini sama. Namun, 3D Touch hadir dengan level sensitivitas lebih baik. Force Touch yang sudah diterapkan pada MacBook atau Apple Watch akan merespon sentuhan dan tekanan, namun tidak secepat 3D touch.

Force Touch memiliki jeda waktu dan tidak memiliki banyak pilihan pintas. Tak hanya itu, 3D Touch juga hadir dengan 3 level sentuhan yakni, sentuhan biasa, sentuhan keras dan sentuhan sangat keras. Hal ini tidak terdapat pada force touch.

3D Touch

Dalam iPhone 6s dan 6s plus terbaru ini dikabarkan terdapat 96 sensor dibalik layar Retina. Sensor-sensor inilah yang akan membaca tekanan pada layar dan mengirim sinyal untuk memberikan pilihan navigasi. Hingga saat ini 3D Touch memang sebatas Homescreen saja. Namun, Apple menjanjikan saat produknya resmi dipasarkan pada 25 September mendatang, beberapa aplikasi seperti iTunes, messaging, Facebook hingga instagram bisa menggunakan teknologi ini.

Baca juga: Inilah Spesifikasi Detail iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Jadi, ternyata 3D touch memang berbeda dengan Force Touch. Apple berhasil mengembangkan teknologi ini dengan lebih baik untuk navigasi yang semakin ringkas dan cepat.

Video tentang teknologi 3D Touch Display pada iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

 

 

Baca juga artikel

iPhone 6s plus Dirilis Dengan Chipset A9 dan Kamera 12 MP iSight

iPhone 6s Resmi Diperkenalkan dengan 3D Touch Display dan Kamera 12MP

Peluncuran iPhone 6S, Inilah Sejarah iPhone dari Lahir Hingga Sekarang

Artikel Lainnya

Komentar