Apple TV Hadirkan Hiburan Keluarga dengan tvOS

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 10 Sep 2015 | 01:38

Apple TV

Pada acara peluncuran iPhone 6S series yang baru saja dilakukan, Apple juga mengumumkan kehadiran Apple TV generasi terbaru. Tim Cook mengatakan bahwa Apple TV adalah sebuah “App-Powered Fun Machine” yang jika diterjemahkan kira-kira artinya adalah mesin hiburan berbasis aplikasi. Dengan kata lain Apple TV selain menghadirkan acara TV konvensional juga akan menghadirkan hiburan lain yang disediakan oleh beragam aplikasi yang dibuat oleh para developer.

Pada acara peluncuran iPhone tadi malam, terlilhat pada Live Streaming Apple bahwa Apple TV mempunyai desain yang kurang lebih sama seperti pendahulunya, namun sedikit lebih besar dan lebih tinggi, dengan balutan warna hitam pekat.

Dengan mengatakan Apple TV adalah sebuah ‘app powered fun machine” maka Cook dan Apple membukan kesempatan kepada para developer untuk menciptakan beragam aplikasi seperti game dan juga program-program hiburan. Untuk mendukung kebutuhan tersebut Apple membekali Apple TV dengan tvOS, sebuah sistem operasi terbaru khusus untuk Apple TV.

Baca juga: Apple TV Terbaru Akan Support Bluetooth Game Controllers

TvOS juga akan mempunyai Siri, sang asisten pribadi yang bisa melakukan banyak hal hanya dengan perintah suara. Siri juga akan membantu user mencari acara favorite seperti mencari perolehan skor suatu pertandingan atau mencari perkiraan cuaca untuk hari itu.

Apple TV saat ini sudah mendapatkan dukungan dari pengembang aplikasi pihak ketiga yang ditandai dengan hadirnya aplikasi Guitar Hero, Disney’s Star Wars Game dan juga Airbnb dan Zillow. Bahkan user bisa langsung memainkan game multiplayer Crossy Road.

Apple TV mempunyai remote baru dengan touchpad terbuat dari kaca serta sebuah tombol khusus untuk Siri. Pada remote tersebut ada pula tombol volume, tombol menu dan tombol home. Secara sekilas remote Apple TV terlihat seperti sebuah iPhone tanpa layar sentuhnya.

 

Baca juga artikel

Apple menunda layanan TV Streaming Hingga 2016 mendatang

Apple Hadirkan Teknologi Augmented Reality pada iOS 9

Bangun Pabrik, Foxconn Akan Rakit Perangkat Apple di India

Artikel Lainnya

Komentar