Pengguna Aktif Bulanan Whatsapp Capai 900 Juta

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 09 Sep 2015 | 20:18

Ilustrasi

Belum lama ini, founder WhatsApp, Jan Koum, mengumumkan bahwa layanan messaging itu telah mencapai 900 juta pengguna aktif bulanan. Angka tersebut menunjukkan terdapat peningkatan hingga 100 juta user sejak April dimana saat itu jumlah subscriber-nya adalah 800 juta.

Hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa sejak WhatsApp diakuisisi oleh Facebook pada 2014 dengan nilai $19 Milyar. Untuk perbandingannya, aplikasi Messenger milik Facebook baru mencapai 700 juta. Angka tersebut lebih kecil baik dari jumlah pengguna Facebook, yakni 1,49 milyar, dan WhatsApp. Alasan lebih rendahnya jumlah pengguna Facebook Messenger adalah terpisahnya aplikasi itu dari jaringan sosial tersebut.

Aplikasi WhatsApp sendiri dikembangkan oleh WhatsApp Inc. yang didirikan oleh dua orang mantan karyawan Yahoo!, yaitu Brian Acton dan Jan Koum. Mereka sebelumnya sempat melamar pekerjaan di Facebook, namun ditolak dan akhirnya keduanya memulai proyek aplikasi messenger tersebut. WhatsApp buatan mereka mendadak tenar setelah peluncuran versi 2.0.

Saat WhatsApp versi 2.0 dirilis, jumlah penggunanya mencapai 250.000. Sejak itu, angka subscriber terus meningkat seiring dengan beragam pembaharuan yang dilakukan tim WhatsApp. Pada bulan Februari 2013, jumlah penggunanya membengkak menjadi 200 juta. Peningkatan pengguna aktif bulanan tersebut membuat WhatsApp meningkatkan jumlah pekerja menjadi 50 orang guna mendukung pengoperasian perusahaan.

Baca juga: WhatsApp Web Hadir di iPhone

Dalam kurun waktu hampir setahun, tepatnya pada Desember 2013, jumlah pengguna aktif bulanan WhatsApp meningkat hingga dua kali lipatnya menjadi 400 juta. Peningkatan sebanyak 100 juta pengguna aktif bulanan terus terjadi hingga April 2014 dimana angkanya mencapai 500 juta. Kala itu setidaknya ada 700 juta foto dan 100 juta video yang di-share pengguna melalui aplikasi tersebut setiap hari.

Pada bulan Agustus 2014, melalui akun Twitter-nya, Koum menyebutkan bila jumlah pengguna aktif bulanan WhatsApp saat itu telah melebihi angka 600 juta. Setidaknya ada penambahan 833.000 pengguna aktif per hari atau 25 juta pendaftar baru dalam sebulan. Dari total pengguna apilkasi tersebut, 10 persennya berasal dari India.

Pada Januari, Koum kembali mengumumkan jika pengguna aktif bulanan WhatsApp mencaai 700 juta. Sedikitnya ada 30 milyar pesan yang dikirim oleh pengguna melalui aplikasi messenger tersebut setiap hari. Peningkatan jumlah pengguna itu menjadi dasar prediksi Forbes dimana industri telekomunikasi bisa mengalami kerugian total hingga $386 milyar akibat populernya aplikasi messenger semacam itu.

 

Baca juga artikel

WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Download Whatsapp Plus ke Zenfone Anda, Gratis!

Facebook Messenger Lebih Populer di Amerika, Kalahkan WhatsApp

Artikel Lainnya

Komentar