Overheating Pada Snapdragon 810 Berhasil Diatasi Pada Xperia Z5

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 08 Sep 2015 | 10:53

Sony Xperia Z5 Series

Kehadiran Xperia Z5 dalam ajang IFA 2015 memang menyita cukup banyak perhatian. Namun, beberapa pengguna masih sedikit kecewa akan produk ini mengingat Sony masih mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 810.

Seperti yang diketahui, chipset Snapdragon 810 dilaporkan memiliki beberapa masalah, salah satunya yang ialah masalah overheating. Masalah overheating ini sempat menghebohkan jagat maya. Bahkan salah satu operator Jepang sempat memberikan peringatan pada pengguna smartphone dengan chipset Snapdragon 810 ini.

Meski banyak menuai kritikan pada varian xperia Z4 yang masih menggunakan Snapdragon 810, Sony ternyata tetap menggunakan chipset yang sama pada seri Xperia Z5. Namun, tampaknya Sony atau Qualcomm berhasil mengatasi atau mencegah masalah overheating dalam Sony Xperia Z5.

Baca juga: Sony Xperia Z5 Ultra Siap Dirilis Maret Tahun Depan

Seperti yang tampak dalam sebuah video, sebuah perangkat Sony Xperia Z5 yang digunakan untuk merekan video dengan resolusi 4K. Dalam tes tersebut terlihat smartphone Sony kehabisan banyak daya kala merekam. Tak hanya itu, perangkat juga nampak mulai panas. Menariknya, dalam pengujian tersebut panas pada mesin Sony Xperia Z5 tidaklah sepanas mesin Xperia Z3+ kala digunakan merekam video Full HD. Hal ini membuktikan Sony berhasil mengurangi panas berlebih pada chipset snapdragon 810 ini.

Video tersebut juga mengindikasikan bahwa Snapdragon 810 memang masih overheating dan beberapa masalah dalam Xperia Z4 berhasil diperbaiki sehingga Xperia Z5 tampak lebih baik. Walaupun demikian, tidak semua chipset Qualcomm khususnya Snapdragon 810 memiliki masalah overheating. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi membeli smartphone dengan chipset Snapdragon 810.   

 

 

Baca juga artikel

Sony Resmi Mengumumkan Tiga Varian Sony Xperia Z5

Sony Walkman Mewah Seharga 15,5 Jutaan Edisi Metal Gear Solid V

Sony Smartband 2 Resmi Dirilis dengan Sensor Baru dan Anti Air

Artikel Lainnya

Komentar