Samsung Kembali Siapkan Smartphone Ber-OS Tizen

Oleh Aris Wibowo on Senin, 07 Sep 2015 | 23:12

Samsung tidak hanya menghadirkan smartphone dengan sistem operasi Android saja. Samsung juga memiliki smartphone dengan sistem operasi Tizen. OS Tizen sendiri merupakan sistem operasi pengembangan atau buatan Samsung. Sistem operasi ini hadir mirip Android hanya saja  lebih simple.

Kini muncul sebuah bocoran smartphone baru dari Samsung. Menariknya, kali ini bocoran mengungkap sebuah smartphone yang diduga akan menggunakan OS Tizen. Jika bocoran ini benar, maka smartphone ini akan mengusung nama Galaxy Z3. Smartphone ini tampak dipersiapkan untuk menggantikan Galaxy Z1 yang juga mengusung OS Tizen.

Dalam bocoran ini tampak dua buah perangkat, satu merupakan Samsung Z1 dan satu lagi diduga sebagai Z3. Dari gambar tersebut tampak Samsung mengusung desain yang cukup elegan dan minimalis khas seri Galaxy. Dimensi smartphone baru ini juga nampak lebih besar dibanding seri sebelumnya.

Baca juga: 10 Gadget Samsung Penerima Android 6.0 Marshmallow

Pada bagian layar, kemungkinan Z3 akan menggunakan layar berukuran 5 inci. Layar ini akan mengusung resolusi HD 1280 x 720 pixels atau resolusi WVGA 400 x 800 pixels. Layar ini tampil lebih lebar untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna smartphone saat ini yang gemar browsing, menonton video hingga bermain game di smartphone. Layar yang lebar diharapkan memberikan kenyamanan pada pengguna.

Samsung Z1 dan Samsung Z3

Untuk bagian mesin, Samsung Galaxy Z3 akan mengusung mesin kelas menengah. Sayangnya, info mendalam mengenai mesin ponsel terbaru ini masih minim. Namun, diperkirakan smartphone ini akan mengusung chipset spreadtrum terbaru dengan sokongan RAM 1,5 GB.

Ada juga rumor lain yang menyebutkan bahwa smartphone ini akan menggunakan Snapdragon 410. Peningkatan RAM dan prosesor ini diharapkan semakin memuaskan pengguna. Perubahan mesin ini juga diharapkan mampu membuat ponsel OS Tizen ini bisa mengimbangi Android One dari Google.

Pada bagian kamera, Samsung Galaxy Z3 akan menggunakan kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP. Untuk baterai, Samsung menggunakan baterai 2600 mAh.

Sayangnya, hingga saat ini belum jelas kapan smartphone ini diluncurkan. Namun, sepertinya ponsel ini hanya akan dipasarkan di negara tertentu saja.

 

 

Baca juga artikel

Samsung Rilis Hp Murah Secara Diam-diam

Rumor: Spesifikasi Samsung Grand On dan Samsung Mega On Terungkap

Samsung Ciptakan Tablet Super Jumbo 18,4 inci?

Artikel Lainnya

Komentar