‘Ibu’ Robot Ini Bisa Membuat Anak-anaknya Sendiri

Oleh Nadia Maharani on Minggu, 30 Agu 2015 | 15:17

Berbicara soal artificial intelligence, ada banyak pro dan kontra yang bermunculan. Beberapa pakar, seperti Stephen Hawking dan Elon Musk, mengingatkan bahwa robot dengan artificial intelligence dapat memunculkan konsekuensi yang tak diharapkan. Namun, peringatan tersebut tak menghentikan sebagian ilmuwan untuk mengembangkan teknologi robotic.

Baru-baru ini, setelah mengalami pengembangan yang intens, beberapa ilmuwan dari Universitas Cambridge telah berhasil menciptakan sebuah 'ibu' robot. Kemampuan yang dimilikinya luar biasa dimana robot ini dapat membuat anak-anak robot baru yang mengikuti proses evolusi seperti halnya manusia pada umumnya.

Ibu robot yang berbentuk lengan robotic itu dirancang untuk membuat anak-anaknya sendiri. Pada sebuah video, tampak lengan robotic-nya memegang lima kotak plastik yang memiliki motor di dalamnya. Pada setiap kotak tersebut, terdapat “genome” unik yang merupakan penggabungan dari beberapa gen. Kombinasi tersebut menghasilkan karakteristik yang berbeda pada masing-masing kotak.

Baca juga: Tim Amerika Tantang Kuratas untuk Duel Robot

Setiap kotak tersebut digunakan untuk membangun anak-anak robot yang nantinya akan memiliki sifat yang berbeda-beda berdasarkan gen yang dimilikinya. Seperti halnya manusia, setiap gen tentu memiliki andil pada karakteristik dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Berbekal genome unik tersebut, sang ibu robot dapat membuat anak-anak dengan kemampuan yang berbeda.

Kepala tim peneliti dari Departemen Teknik Universitas Cambridge, Fumiya Lida, menjelaskan bahwa seleksi alam pada dasarnya berupa reproduksi, penilaian, reproduksi, penilaian dan seterusnya. Hal itu yang dilakukan oleh robot yang dikembangkan tim tersebut.

"Kami bisa benar-benar melihat perkembangan dan pembedaan spesies (yang dilakukan ibu robot)," jelasnya. Para peneliti itu mengatakan bila hasil eksperimen dengan ibu robot itu bisa digunakan untuk membantu manusia mempelajari proses evolusi dan cara seleksi alam mempengaruhi segala aspek kehidupan.

Ibu robot tersebut akan memiliki desain yang tepat untuk menghasilkan anak terbaik dengan memilih kombinasi gen yang ada. Dengan eksplorasi menggunakan robot tersebut, diharapkan para peneliti bisa mendapatkan jawaban terkait evolusi.

Hingga kini, tak terhitung berapa jenis robot yang sudah dibuat. Robot memang diciptakan untuk meniru manusia. Itu sebabnya ada banyak jenis robot yang memiliki kemampuan khusus dimana masing-masing memiliki spesialisasinya sendiri.

Baca juga artikel:

Duel Ponsel 4 Inci, Advan Star Mini vs Evercoss Winner T

Smartphone Selfie Murah Terbaik dari Evercoss

Smartphone Evercoss Quad Core terbaik Saat Ini

Artikel Lainnya

Komentar