Facebook Luncurkan M, Personal Assistant Terbaru

Oleh Nadia Maharani on Jumat, 28 Agu 2015 | 14:59

Tak ingin ketinggalan dari Apple dan Google, Facebook akhirnya mengumumkan layanan personal assistant yang dapat melakukan berbagai task sesuai kebutuhan pengguna. Personal assistant yang cerdas tersebut diberi nama M.

Sebelumnya, rumor mengenai gebrakan teranyar dengan nama sandi Moneypenny milik Facebook ini sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. Akhirnya, baru-baru ini pihak Facebook mengkonfirmasi keberadaan personal assitant tersebut. Facebook mengklaim personal assistant itu unik lantaran memiliki “sentuhan manusia.”

Kepala tim Facebook Messenger, yakni David Marcus, memperkenalkan layanan tersebut. "Hari ini kami mulai menguji coba sebuah layanan baru yang diberi nama M. M adalah personal digital assistant dalam Messenger yang mengerjakan berbagai task dan mencari informasi sesuai perintah Anda. M ditenagai dengan artificial intelligence yang dilatih dan awasi oleh orang-orang," jelasnya.

M dapat melakukan berbagai hal atas perintah pengguna. Dengan menggunakan layanan M itu, pengguna dapat membeli berbagai barang, mengantarkan paket pengguna dan melakukan reservasi hotel serta restoran. Tak hanya itu, M juga bisa digunakan untuk mengecek janji temu hingga jadwal penerbangan.

Baca juga: Pemula: Tips Mematikan Suara Notifikasi Facebook Messenger Android

Menurut Marcus, layanan M itu akan menambah poin plus yang ditawarkan Messenger milik Facebook. Ada banyak hal yang bisa dilakukan M sehingga para pengguna dapat melakukan hal-hal lain yang lebih penting. Pengguna tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengurusi hal-hal yang dapat dilakukan M untuknya.

Layanan ini memang akan menghabiskan penggunaan data yang lebih besar ketimbang melakukan chat konvensional di Messenger. Namun, dengan M, pengguna bisa memanfaatkan layanan Messenger untuk hal-hal yang lebih personal. Saat ini, tim Facebook Messenger terus melakukan uji coba terhadap M sebelum merilisnya untuk publik.

Kehadiran M sepertinya menjadi jawaban Facebook terhadap peluncuran personal assistant digital oleh beberapa perusahan teknologi raksasa, Apple, Google dan Microsoft. Baru-baru ini, Microsoft memperkenalkan Cortana, personal assistant yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna Windows 10.

Selain itu, Apple sudah memulai peran personal assistant yang dinamai Siri. Bagi para pengguna Android, Google memiliki Google Now dengan layanan serupa. Dengan keberadaan personal assistant tersebut, pengguna dapat melakukan banyak hal secara efisien.

 

Baca juga artikel

Aplikasi Ini Memberitahu Siapa yang Menghapus kamu di Facebook

Mau Dapat Banyak Like di Facebook? Ini Rahasianya

Facebook Rencanakan Game akan Hadir di Facebook Messenger

Artikel Lainnya

Komentar