Bedanya TouchWiz Pada Galaxy Note 5 dan Note 4

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 21 Agu 2015 | 15:20

Galaxy Note 5 baru saja diluncurkan bersamaan dengan Galaxy S6 Edge+ seminggu yang lalu. Galaxy Note 5 kali ini memiliki peforma yang seimbang dengan smartphone flagship Samsung tersebut, padahal biasanya Note series sedikit lebih rendah spesifikasinya dibandingkan S Series. Keduanya sama-sama dibekali dengan Exynos 7420 Octa core dan layar Super AMOLED, namun bukan perbandingan S6 Edge+ dan Note 5 yang akan dibahas, namun TouchWiz di Note 5 dan Note 4 yang akan diperbandingkan.

Kedua Note tersebut memang sama-sama dibekali dengan TouchWiz UI, User Interface khas buatan Samsung. Yang membedakan adalah pada Note 4, TouchWiz UI membungkus Android KitKat 4.4 (bisa update ke Lollipop), sementara pada Note 5 tentu saja membungkus Lollipop 5.1. Lantas apa saja perbedaan penampilan dari kedua TouchWiz UI tersebut? Berikut ini perbandingan yang dilakukan oleh Phonearena terhadap kedua varian TouchWiz UI tersebut.

Baca juga: Beda Samsung Galaxy Note 5 dan Note 4

Dari penampakan homescreen hingga screen lapis ketiga tak ada perbedaan yang begitu mencolok, hanya letak-letak ikon yang sedikit bergeser. Search bar pada Google Search di Note 5 juga nampak lebih kecil dari Note 4 yang terlihat sangat besar. Rupanya Samsung tidak memberikan banyak perubahan pada tampilan luar dan memfokuskan perbaikan pada software dan fitur.

Pada Galaxy Note 5 Action memo, Smart Selct, Screen Write dan S Note kembali disematkan, beserta Air Comannd. Yang membedakan Air Command di Note 5 dan Note 4 adalah tampilan yang lebih menarik di Note 5. Pada Note 5, Air Command ditampilkan hanya ikon-ikonnya saja dengan background yang diblur,namun pada Note 4 Air Command dimunculkan dalam semacam menu berbentuk kipas setengah lingkaran dan gambar background tak diblur.

Pada Gallery Media di Note 4, kamu bisa melihat cover album dari penyanyi favorite kamu, namun pada Note 5 hanya tersedia gambar ikon saja. Note 5 juga hadir dengan TouchWiz yang sudah mendukung Samsung Pay dengan MST, Magnetic Secure Transfer yang jauh lebih canggih dari pembayaran dengan NFC. MST bisa kompatibel dan bekerja dengan semua jenis terminal kartu kredit dan debit  yang sudah ada di seluruh toko dan supermarket. Sementara NFC membutuhkan alat khusus.

 

Singkatnya, Note 5 membawa semua fitur dan fungsi TouchWiz yang sama persis seperti pada Galaxy S6 Series dan tambahan fungsi kamu bisa menambahkan shortcut kamu sendiri dibagian menu dan tentu saja lebih baik dari TouchWiz di Note 4.

 

Baca juga artikel

Samsung Kenalkan Keyboard Case Note 5 dan S6 Edge +

Uji Benchmark Samsung Galaxy Note 5 Sangat Memuaskan

Tips Mempercepat Kinerja Samsung Galaxy Note 4

Artikel Lainnya

Komentar