Router Biasa Kewalahan dengan Google Fiber, OnHub WiFi Diproduksi Google

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 21 Agu 2015 | 14:07

Selasa yang lalu, Google meluncurkan Google OnHub WiFi Router, perangkat ini adalah cara Google menyediakan internet yang jauh lebih cepat lagi. Seperti diketahui, Google sudah meluncurkan Google Fiber, sebuah layanan Broadband Internet Access dengan kecepatan super. Karena kecepatannya yang sangat tinggi, banyak router biasa yang kewalahan dan akhirnya justru memperlambat akses internet para user dan tentu saja membuat sia-sia kecepatan yang super tadi. Oleh sebab itu Google ingin memperbaiki keadaan itu dengan router buatannya sendiri yang tentunya sudah disesuaikan dengan kecepatan Google Fiber.

Menurut salah satu postingan di Gizmodo, Google memproduksi OnHub WiFi Router ini dengan menggandeng TP-Link yang memang sudah lama berkecimpung dalam dunia networking. Produk Google OnHub WiFi Router dikabarkan mempunyai 13 buah antena WiFi yang didesain melingkar dan sebuah prosesor Dual core Qualcomm Atheros IPQ8064 berkecepatan 1,4GHz yang turut dibenamkan di dalamnya. Prosesor ini ditemani dengan RAM 1GB dan ROM 4GB dan menjalankan Brillo OS, varian dari Android. Google mengklaim bahwa OnHub Router buatannya akan memberikan kecepatan akses hingga 1.900Mbps.

Baca juga: Cara Mudah Memaksimalkan Fitur di Google Play

Yang menarik, Google OnHub WiFi Router ini bisa dikontrol dengan aplikasi buatan Google bernama “Google On” yang tersedia baik di Android dan juga iOS. Aplikasi ini akan membantu user dalam proses setup, mengatur dan mengkontrol jaringan, menentukan perangkat mana yang mendapatkan bandwidth lebih besar dan memberikan hak akses terbatas pada perangkat tertentu milik orang lain dengan fitur login. Aplikasi tersebut juga mampu memberikan warning dan melakukan pengecekan masalah yang membuat internet menjadi lelet.

Untuk menjadikan Google OnHub WiFi Router  yang terbaik, raksasa internet ini menjanjikan update fitur dan keamanan secara teratur. Fitur lain yang ada pada router keren ini antara lain adalah Bluetooth, ZigBee radios untuk bisa terhubung pada perangkat Smart Device di rumah kamu. Ada pula dukungan built-in speaker, yang diprediksi akan dipergunakan saat Google Mengintegrasikan personal assistant OK Google pada Google OnHub WiFi Router. Saat ini Google OnHub WiFi Router dijual dengan harga $199 sekitar 2,8 jutaan rupiah dan baru tersedia di U.S.A sana.

 

Baca juga artikel

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Beli Aplikasi di Google Play Sekarang Bisa Pakai Pulsa XL

Google menghadirkan Kategori Family Dalam Play Store

Artikel Lainnya

Komentar