Tim Amerika Tantang Kuratas untuk Duel Robot

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 20 Agu 2015 | 15:26

Kalau kamu kerap menonton anime tentang mecha atau robot dan mengkhayal seakan-akan mereka benar-benar eksis, tunggu sampai kamu mendengar rencana duel robot yang melibatkan dua perusahaan industri dari Jepang dan Amerika. Megabots, Inc. yang menjadi tim Amerika menantang Suidobashi Heavy Industry, Jepang, untuk adu kekuatan melalui robot bikinan mereka masing-masing.

Suidobashi Heavy Industri telah membuat sebuah robot yang bisa dikendarai seperti layaknya mecha di berbagai anime atau video game. Dengan nama Kuratas, robot tersebut menjadi robot raksasa yang dapat dioperasikan atau dipiloti pertama di dunia. Kogoro Kurata dan Wataru Yoshizaki adalah pengembang Kuratas. Kurata sendiri mengakui jika ia terinspirasi oleh anime tentang Mecha yang ia tonton saat masih kanak-kanak.

Megabots, Inc juga ikut membuat sebuah robot yang diberi nama Megabot II yang rencananya akan menjadi tandingan Kuratas. Robot setinggi 15 kaki tersebut dibekali dengan cannon di bagian lengannya. Gui Cavalcanti selalu co-founder Megabots, Inc. menjelaskan jika mereka menghidupkan video game dan sci-fi dalam bentuk sebuah robot yang dioperasikan oleh seorang pilot.

Beberapa waktu lalu, tim Amerika tersebut menantang tim Jepang dalam sebuah duel. Dengan senang hati, para pengembang Kuratas menerima tantangan menarik tersebut. Pada perjanjian awal, Megabot II dan Kuratas akan bertarung secara jarak jauh menggunakan senjata paintball. Namun, akhirnya rencana tersebut direvisi dimana kedua robot akan adu kekuatan melalui hand-to-hand combat.

Perubahan aturan tersebut membuat tim Amerika sedikit kelabakan. Pasalnya, Megabot II harus melakukan perombakan besar terhadap bodinya, seperti mempertebal armour-nya. Selain itu, tim tersebut harus meningkatkan kecepatan Megabot II agar lebih lincah saat menghadapi Kuratas.

Untuk melakukan upgrade tersebut, tim Amerika harus memiliki dana sedikitnya $500.000 atau sekitar Rp6,7milyar. Megabots, Inc. memulai kampanye penggalangan dana melalui Kickstarter dan telah berhasil mendapatkan hampir $100.000. Begitu dana terkumpul, Megabot II siap di-upgrade.

Kuratas sendiri bukanlah robot eksklusif yang hanya dimiliki oleh perusahaan pengembangnya. Bagi siapapun yang tertarik, dan berkantong tebal tentunya, bisa membeli satu unit Kuratas di Amazon seharga $1juta atau hampir Rp14milyar. Dengan begitu, pengguna bisa bebas mengoperasikan robot canggih asal Jepang tersebut.

 

Baca juga artikel

Duel Ponsel 4 Inci, Advan Star Mini vs Evercoss Winner T

Smartphone Selfie Murah Terbaik dari Evercoss

Smartphone Evercoss Quad Core terbaik Saat Ini

Artikel Lainnya

Komentar