Robot Hijau Generasi Ke-6 Itu Adalah Marshmallow

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 19 Agu 2015 | 09:27

Setelah sekian lama hanya di beri kode nama “M” akhirnya nama robot hijau generasi keenam diresmikan oleh Google. Sekarang Android 6.0 tak lagi bernama Android M namun menjadi Android Marshmallow. Semenjak Mei, sebenarnya OS ini sudah dibocorkan Google pada acara Google I/O dan banyak menelurkan prediksi nama yang akan dipergunakan untuk OS Google terbaru tersebut. Ada yang mengatakan bahwa “M” adalah Android Muffin, Android Maple Syrup, Macadamia Cake Nut, Milkshake hingga Macaroon. Memang nama Android selalu berhubungan dengan nama cemilan yang manis dan lezat.

Dan akhirnya, lewat sebuah postingan di Twitter serta sebuah video YouTube yang diupload membuat jelas siapa nama robot hijau generasi keenam ini. Postingan video YouTube yang berisi nama-nama Android sejak awal sampai Lollipop dan kemudian diakhiri dengan pertanyaan “ What’s M Gonna Be?” tak berapa lama Dave Burke, salah satu petinggi Android memposting sebuah gambar di Twitter yang berupa foto patung robot hijau yang sedang memegang Marshmallow. Patung tersebut diletakkan di depan kantor pusat Google di Mountain View, California, U.S.A.

Baca juga: Fitur Terbaru pada Android M yang Baru Saja Dirilis

Ya, akhirnya terjawab bahwa Robot hijau generasi keenam tersebut bernama Android Marshmallow. Bahkan Google saat ini sudah mempersilahkan para developer untuk mendownload versi final preview dari Android Marshmallow untuk pengembangan aplikasi yang mereka buat. Sekedar info untuk Anda, inilah sejarah nama-nama Android hingga saat ini.

 – Android 1.1

– Android 1.5 (Cupcake)

– Android 1.6 (Donut)

– Android 2.0/2.1 (Eclair)

– Android 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

– Android 2.3 (Gingerbread)

– Android 3.0/3.1 (Honeycomb)

– Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

– Android 4.1/4.2/4.3 (Jelly Bean)

– Android 4.4 (KitKat)

– Android 5.0/5.1 (Lollipop)

– Android 6.0 (Marshmallow)

 

Tentunya Android Marshmallow ini dibekali dengan fitur-fitur baru yang lebih dari pendahulunya. Menurut kabar dari beberapa situs yang dilihat penulis, Android Marshmallow akan membawa perbaikan pada fitur pembayaran berbasis NFC. Selain itu ditambahkan pula dukungan untuk USB Type-C.

Google juga memberikan perbaikan pada Chrome untuk Android dengan fitur Custom Chrome Tab di mana para developer bisa menambahkan/memasukan browser chrome pada aplikasi mereka sehingga ketika pengguna hendak membuka link dari aplikasi tersebut tak harus ribet. Ada pula perbaikan fitur keamanan berupa pengiriman verifikasi ketika membuka media sosial seperti Twitter hingga perbaikan akses App Permission saat menginstal suatu aplikasi. User bisa membatasi bahkan menolak permintaan akses ke kamera, contact, dan phone dari suatu aplikasi saat hendak di instal.

 Android Marshmallow juga dibekali dengan dukungan terhadap fingerprint sensor, fitur penghemat baterai Doze, dan banyak lagi. Namun sampai saat ini belum diungkap perangkat mana yang akan mendapatkan update pertama kali, namun yang jelas pasti perangkat Nexus serta Android One yang merupakan proyek Google.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Baca juga: Aplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada Di Peluncuran Preview Android M

Artikel Lainnya

Komentar