Fitur – Fitur Terbaru Android M di Perangkat Samsung

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 19 Agu 2015 | 00:04

Google telah secara resmi memperkenalkan sistem operasi Android terbarunya dengan nama Android Marshmallow atau lebih dikenal dengan Android M. Sayangnya, Google masih menyimpan informasi detail mengenai sistem operasi Android 6.0 ini. Walaupun demikian, Samsung dikabarkan telah menyiapkan beberapa perangkat baru yang akan segera mendapat update sistem ini. Bahkan, Samsung telah membangun UI Toucwiz baru yang bisa digunakan di Android M. Lalu, fitur baru apa saja yang akan diusung Android M ini?

App Permissions Baru

Dalam sistem Android terbaru ini, Google menghadirkan App Permissions baru yang diklaim sangat berguna untuk pengguna yang sering bongkar pasang aplikasi. Dengan fitur ini, kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang boleh mengakses lokasi, gambar, kontak dan lain – lain. Sekarang, kamu bisa membuat aplikasi Android di smartphone kamu tidak bisa mengakses sembarangan. Misal, bila kamu ingin WhatsApp tidak menampilkan lokasi, caranya mudah kamu cukup mematikan lokasi pada fitur App Permissions list di Android M.

Track Memory

Dalam Android M versi Final, Kamu juga bisa menemukan dengan mudah aplikasi mana saja yang boros penggunaan memori. Google menghadirkan fitur Track Memory langsung di menu Setting. Kini kamu tak perlu lagi repot- repot mencari di bagian aplikasi berjalan. Dengan fitur ini, kamu akan dengan mudah memantau memori smartphone kamu kala digunakan multitasking.

Baca juga: Apa yang Beda di Android M Dibandingkan Android Lollipop

Quick FingerPrint Access

Dengan fitur baru ini, kamu tidak hanya membuka atau mengunci ponsel dengan fingerprint. Tetapi kamu juga bisa log in ke beberapa aplikasi seperti Google Play Store. Berbeda dengan Android Lollipop. Dalam Android M, kamu tidak lagi mengetik password atau apapun kala menggunakan fingerprint scanner untuk pengecekan pembelian aplikasi di Play Store.

Auto Backup

Kamu juga tak perlu khawatir lagi kehilangan data penting. Pasalnya dalam fitur terbaru Android M ada Auto Backup. Hal ini tentu berguna bila kamu sering gonta-ganti ponsel. Data-data kamu akan secara otomatis tersimpan ke Google Drive dengan kapasitas 25MB per aplikasi.

Power Saving

Android M juga hadir dengan fitur power saving terbaru sehingga baterai lebih lama digunakan. Kabarnya, Android M akan hadir di Samsung Galaxy Series seperti S6, S6 Duos, S6 Edge, Note 4, Note 4 Duos, Note Edge, hingga Tab A.

Kita tunggu saja tanggal resmi dirilisnya Android M ke smartphone.   

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Aplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada Di Peluncuran Preview Android M

Artikel Lainnya

Komentar