Mozilla Balas Dendam dengan Firefox 40 di Windows 10

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 18 Agu 2015 | 13:28

Saat peluncuran Windows 10 pada 29 Juli yang lalu, Mozilla protes kepada Microsoft gara-gara browser bawaan Windows 10 sekarang adalah Microsoft Edge sehingga pengguna kesulitan saat ingin mengganti browser default mereka dengan browser yang lain, semisal Firefox atau Chrome.  

Memang sebenarnya browser default itu bisa diganti dengan browser pihak ketiga, namun hanya user yang benar-benar paham dan ahli saja yang bisa melakukannya karena prosesnya panjang dan rumit. Pada saat mengajukan protes, Mozilla justru dicuekin oleh Microsoft dan akhirnya mereka merencanakan balas dendam.

Untuk membalas dendam terhadap Microsoft yang tak mau mempermudah user mengganti browser default mereka, maka Mozilla meluncurkan Firefox 40 yang menyertakan kemampuan untuk menyatu dengan tema pada Windows 10 dan mempermudah user untuk mengubah mesin pencari default pada Windows 10 ke mesin pencari lain.

Baca juga: Microsoft Rilis Perangkat Peripherals Baru untuk Pengguna Windows 10

Balas dendam ini memang sungguh menyenangkan, kata CEO Mozilla, ia mengatakan bahwa Firefox 40 untuk Windows 10 menyediakan pilihan untuk mengganti mesin pencari default pada Cortana dari Bing ke mesin pencari yang kamu sukai, misalnya Google Search.

Bagaimana cara mengubah Search Engine Bawaan Windows 10?

Caranya sangat mudah, yang kamu lakukan hanyalah masuk ke menu Setting (Option) > Search dan kamu akan langsung menemukan menu pilihan untuk mengubah search engine default pada Firefox dan juga Windows 10 tersebut. Namun untuk mengubah pilihan ini maka kamu harus terlebih dahulu membuat Firefox menjadi web browser defalut di Windows 10.

Cara lain untuk mengubah mesin pencari default di Windows 10 adalah dengan Chrome Extension seperti Bing2Google. Caranya sama yaitu jadikan Chrome browser utama terlebih dahulu dan kemudian masuk ke Setting>Extension dan cari Bing2Google tersebut. Semoga dengan balas dendam ini Microsoft memberikan akses kemudahan mengganti browser default di Windows 10 dengan jauh lebih mudah.

 

Baca juga artikel

4 Mouse Wireless Canggih untuk Penggunaan Windows 10

Windows 10 Ceraikan IE dan Beralih ke Microsoft Edge

Ini Alasan Mengapa Windows 10 Adalah yang Terbaik

Artikel Lainnya

Komentar