Android 6.0 Resmi diperkenalkan dengan nama Marshmallow

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 18 Agu 2015 | 13:18

Setelah sebelumnya hanya menghadirkan sedikit bocoran sistem operasi baru berkode Android M, kini Google akhirnya benar-benar merilis sistem operasi tersebut. Menariknya, dalam kesempatan tersebut Google juga menghadirkan versi final update dari Android M untuk semua perangkat Nexus.

Seperti nama-nama sistem Android sebelumnya yang selalu berhubungan dengan makanan, dalam versi terbaru ini Google juga masih menggunakan nama makanan yakni Android Marshmallow.  

Dalam postingan di Blog Google Developers, Google tidak menerangkan spesifikasi yang lebih jelas mengenai sistem operasi terbaru ini. Namun, sudah dipastikan sistem operasi ini membawa sejumlah perubahan dibanding Android Lollipop. Perubahan yang paling tampak tentu hadirnya fingerprints support yang semakin baik hingga fitur power saving mode.

Dengan OS Android 6.0, kamu akan mendapatkan Android API terakhir yakni level 23. Dengan perubahan API ini, sistem ini semakin baik dan support untuk fingerprint scanner. Update ini membuat sistem keamanan lebih baik dan diklaim tidak mudah error.

Baca juga: Apa yang Beda di Android M Dibandingkan Android Lollipop

Sistem operasi Android Marshmallow juga menawarkan fitur new permissions baru kala kamu akan mengingstal aplikasi atau mengupdate aplikasi. Hal ini diharapkan bisa memberikan kelonggaran bagi pengguna smartphone untuk menginstal aplikasi.

Android M Final Version

Sementara itu untuk Android M versi Developer Preview, kamu akan mendapatkan beberapa fitur baru. Androia M versi final ini juga hadir untuk mengetes aplikasi-aplikasi mana saja yang kedepannya bisa dijalankan di Android 6.0 Marshmallow.

Dalam Android M terbaru, terdapat fitur Visual Voicemail yang memungkinkan kamu mengirim pesan suara. Ada juga Rotating home screen yang membuat tampilan home screen bisa diputar agar pengguna semakin mudah mengoperasikan perangkat diberbagai posisi layar.

Google juga menghilangkan tampilan gelap dan mengganti tema dengan warna lebih cerah. Selain itu juga diperbaharui App Drawer sehingga mampu digunakan secara vertical maupun horizontal dengan tampilan lebih baik. Dalam update Android M, kamu juga bisa mengedit status bar icon. Google juga menambahkan menu RAM manager pada pilihan settings smartphone.

Untuk bisa mendapatkan update Android M terbaru, kamu bisa masuk ke Setting>about phone> system update. Nantinya perangkat Nexus kamu akan melakukan update secata OTA Over The Air. Sayangnya, untuk Android 6.0 Marshmallow baru akan diluncurkan akhir musim panas mendatang.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Aplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada Di Peluncuran Preview Android M

Artikel Lainnya

Komentar