Uji Benchmark Samsung Galaxy Note 5 Sangat Memuaskan

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 18 Agu 2015 | 09:30

Akhirnya sosok Samsung Galaxy Note 5 muncul juga dan diumukan oleh Samsung pada sesi peluncuran Samsung Galaxy Note 5 di New York. Menurut salah satu postingan di Phonearena yang menyoroti hasil pengujian atau benchmark Galaxy Note 5 ini mengatakan bahwa perangkat phablet ini mempunyai potensi kinerja yang sangat memuaskan. Kenapa disebut potensi? Ya, karena yang diuji adalah perangkat Galaxy Note 5 yang masih pada taraf pre – production atau bukan versi resmi yang akan diproduksi.

Selama ini yang menduduki tingkat paling atas di pengujuan benchmark adalah Galaxy S6 series yaitu Galaxy S6, Galaxy S6 Edge dan Galaxy S6 Active yang mempunyai peforma yang tak berbeda jauh karena dibekali dengan chipset yang sama yaitu chipset octa core Exynos 7420. Namun dominasi ketiga Galaxy S6 series ini mungkin akan tergeser oleh Galaxy Note 5. Jika jaman dulu Galaxy Note selalu dibekali prosesor yang sedikit lebih rendah dari Galaxy S Series, maka kali ini Samsung rupanya memberikan chipset yang sama dan bahkan ada sedikit kelebihannya.

Baca juga: Mau Beli Samsung Galaxy Note 5? Tonton Videonya Dulu Nih!

Pada saat peluncuran Galaxy Note 5 tersebut, Phonearena mengungkap bahwa Galaxy Note 5 memang dibekali dengan Exynos 7420, chipset Octa core buatan Samsung yang sudah diproduksi dengan teknologi 14nm FinET. Chipset ini tersusun dari empat buah Cortex-A57 2,1GHz dan empat buat Cortex-A53 1,5Ghz. Yang menarik, Galaxy Note 5 ini dibekali dengan RAM yang lebih tinggi dari Galaxy S6 series, yaitu sebuah RAM berukuran 4GB berjenis LPDD4 RAM, sementara S6 series hanya dibekali RAM 3GB saja. Tentunya penggunaan RAM yang lebih tinggi berpotensi meningkatkan kinerja dan performa Galaxy Note 5 dibandingkan dengan S6 Series.

Dari hasil Benchmark, terlihat bahwa Galaxy Note 5 mendapatkan score 69.401 di AnTuTu yang bisa disamakan dengan score yang didapatkan oleh Galaxy S6 Series. Namun hasil ini masih bisa lebih tinggi karena Galaxy Note 5 yang di test masih taraf pra produksi dan RAM yang lebih tinggi.

 

Baca juga artikel

Tips Mempercepat Kinerja Samsung Galaxy Note 4

Fitur Luar Biasa Galaxy Note 4 yang Tidak Ada Pada Smartphone Premium Lain

Samsung Note 4 Mendapat Update Android Lollipop 5.1.1

Artikel Lainnya

Komentar