Beda Samsung Galaxy Note 5 dan Note 4

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 18 Agu 2015 | 14:27

Samsung beberapa waktu ini telah memperkenalkan smartphone layar lebar terbarunya, Samsung Galaxy Note 5. Meski baru akan secara resmi dipasarkan pada September mendatang, phablet ini menyita banyak perhatian. Pasalnya, dalam perangkat ini Samsung melakukan berbagai pembaharuan seperti desain yang lebih kokoh, mesin yang powerfull hingga S Pen terbaru.

Samsung sendiri masih memiliki Samsung Galaxy Note 4 yang hadir dengan spesifikasi cukup memukau.Bahkan, phablet Android ini juga sudah mengusung fitur fast battery charging dan fingerprint sensor. Lalu, bagaimana bila kedua phablet Samsung ini dibandingkan? Berikut perbedaannya.

Desain dan Kualitas bodi

Desain Note 4 hadir dengan tampilan yang elegan mirip seri Galaxy S5. Ponsel ini masih mengusung bodi plastik dengan list crome. Samsung mengusung betuk kotak dengan sudut membulat yang khas. Untuk dimensi, Phablet ini memiliki ukuran 153,5 x 78,6 x 8,5 mm dengan berat 176 gram. Menariknya bagian bodi belakang yang bertekstur memberik kenyamanan kala phablet digenggam.

Baca juga: Uji Benchmark Samsung Galaxy Note 5 Sangat Memuaskan

Sementara itu, Dalam Samsung Galaxy Note 5, Samsung menghadirkan perubahan yang cukup mencolok. Samsung menyuguhkan desain premium. Menariknya, ponsel layar lebar ini menggunakan bodi berbahan metal dan kaca dengan dimensi 153,2 x 76,1 x 7,6 mm dengan berat 171 gram. Dengan desain baru ini, Note 5 tampil lebih nyaman dan mewah. Samsung bahkan menghadirkan S Pen baru dengan fitur automatic eject yang memudahkan pengguna mengambil S Pen dengan cepat.

Layar lebar

Galaxy Note 4 dan Note 5 hadir dengan layar lebar berukuran 5,7 inci dengan teknologi super AMOLED dan resolusi QHD 1440 x 2560 pixels. Meski tampak sama, ternyata layar Samsung Note 5 hadir dengan detail dan resolusi yang lebih jelas. Samsung juga sudah menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 4.

Peforma mesin

Jika dibagian layar kedua perangkat tampak sama. Maka dibagian mesin, Samsung kembali menghadirkan peningkatan dalam varian Note 5. Samsung Galaxy Note 5 hadir dengan mesin Exynos 7420 Octa-core yang merupakan chipset tercepat untuk saat ini. untuk mendukung peforma yang maksimal, Samsung memasang GPU Mali T760 dan RAM 4GB. Untuk sistem operasi, Samsung memasang OS Android 5.1 Lollipop.

Baca juga: Samsung Kenalkan Keyboard Case Note 5 dan S6 Edge +

Ini berbeda bila dibandingkan varian Galaxy Note 4. Samsung juga memasang mesin Exynos 5433 Octa-core dengan sokongan RAM 3GB dan pengolah grafis Mali T760. Untuk sistem operasi, ponsel Android layar lebar ini masih dibekali Android 4.4.

Memori penyimpanan

Pada Samsung Note5 terpasang memori internal 32, 64 , 128 GB sayangnya tanpa slot microSD. Sementara itu, Samsung Note 4 hadir dengan memori internal 32 GB dan telah dibekali dengan slot microSD.

Kamera

Untuk bagian kamera utama, Samsung menghadirkan kamera utama 16 MP pada Note 5 dan Note 4. Yang berbeda ialah penggunaan kamera depan, resolusi 5MP di Note 5 dan resolusi 3,7MP dipasangkan pada Note 4.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Note 5 tampaknya menjadi salah satu produk terbaik Samsung di tahun 2015 ini. Harganya yang cukup mahal menjadi gambaran spesifikasi dan fitur yang diusungnya. Namun, bila kamu mencari harga terjangkau dengan peforma mumpuni, Note 4 masih layak dipilih.

 

Baca juga artikel

Mau Beli Samsung Galaxy Note 5? Tonton Videonya Dulu Nih!

Tips Mempercepat Kinerja Samsung Galaxy Note 4

Fitur Luar Biasa Galaxy Note 4 yang Tidak Ada Pada Smartphone Premium Lain

Artikel Lainnya

Komentar