GPU untuk Snapdragon 820 Resmi diperkenalkan

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 14 Agu 2015 | 10:25

Chipset Snapdragon 810 merupakan sebuah chipset yang cukup tangguh. Namun, ternyata chipset ini belum memuaskan perusahaan Qualcomm dan vendor smartphone yang ada. Alhasil beberapa waktu lalu, Qualcomm memperkenalkan seri terbaru chipsetnya, Qualcomm Snapdragon 820. Dalam chipset ini terdapat teknologi baru yakni sudah menggunakan teknologi 64-bit Kryo Cores. Lalu bagaimana dengan GPU yang akan mendukung peforma chipset ini?

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Snapdragon 820 akan menggunakan GPU generasi baru yakni GPU Adreno 530. Sementara itu, untuk seri Snapdragon 618 dan 620 akan menggunakan GPU Adreno 510. Lima varian GPU baru dari Adreno ini akan mendukung OpenGL 3.1. (kemungkinan akan diupdate menjadi 3.2) dan Vulcan API terbaru. Qualcomm bahkan mengklaim penggunaan GPU ini meningkatkan peforma hingga 40% dan menghemat daya hingga 40%. Tentu saja GPU Adreno 510 akan menawarkan peningkatkan dibanding seri GPU Adreno 405.

Baca juga: Snapdragon 616 Saingi Chipset MediaTek Dikelas Menengah

Dalam bocoran tidak resmi, chipset Qualcomm terbaru ini akan menggunakan teknologi chips 14 nm atau 16 nm, jauh berbeda dengan seri 810 yang menggunakan 20 nm. Semakin hematnya chipset Snapdragon 820 ini juga disebabkan power managemen GPU yang terpisah.

Menariknya, dalam GPU ini juga akan support HDMI 2.0 dan bisa digunakan untuk merekan video 4K pada 60 fps.  Qualcomm juga merubah ISP pada chipset ini. Dengan Chipset ini, prosesor mampu memaksimalkan kamera yang memiliki pixels kecil lebih baik, Hybrid autofocus, Low-light performance hingga optical zoom yang lebih baik. Chipset ini memungkinkan kamera melakukan zooming dengan lebih halus. Tak berbeda jauh dengan seri 810, Snapdragon 820 juga support dual kamera utama di belakang.

Untuk info lebih lanjut, kita tunggu saja kehadiran perangkat dengan Snapdragon 820 dalam semester 1 tahun depan.

 

Baca juga artikel

Google Gandeng Qualcomm untuk Smartphone Project Tango

Asus Beralih ke Qualcomm untuk Zenfone di Kelas Menengah Selanjutnya

Qualcomm-Ericsson Kembangkan Modem LTE-A Cat. 11

Artikel Lainnya

Komentar