Diperbaharui pada Jumat, 14 Agustus 2015 | 10:21

Indosat Luncurkan “D-Tap”, Layanan Pembayaran Berteknologi NFC

Indosat telah meluncurkan produk terbarunya “D-Tap” yang merupakan layanan pembayaran dengan teknologi nirkontak berbasis NFC (Near Field Communication). Peluncuran D-Tap ini seiring dengan maraknya layanan pembayaran non tunai serta tingginya pertumbuhan smartphone yang mendukung teknologi NFC di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Indosat meluncurkan layanan D-Tap dalam bentuk kartu dan SIM Card. Untuk layanan D-Tap yang berbasis SIM Card, akan menjadi layanan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi standar pembayaran nirkontak internasional. Dalam 2-3 bulan ke depan, layanan ini akan segera hadir di beberapa transportasi umum, merchant-merchant, dan lokasi-lokasi lain yang saat ini sedang dikembangkan oleh tim Indosat.

Layanan D-Tap yang merupakan produk uang elektronik berbasis chip yang akan melengkapi layanan mobile payment berbasis server yaitu Indosat Dompetku. D-Tap diharapkan dapat memperluas ekosistem pembayaran elektronik khususnya di layanan transportasi publik.

Pelanggan Indosat domeptku dalam waktu dekat dapat melakukan pengisian saldo D-Tap melalui aplikasi Indosat Dompetku, dimana pelanggan cukup mendaftarkan dirinya menjadi pelanggan dompetku dengan mengetik *789# dari ponsel. Selain itu pengisian saldo D-Tap dapat dilakukan juga melalui agen-agen D-Tap yang ditunjuk.

“Peluncuran D-Tap hari ini menunjukkan wujud komitmen dan konsistensi Indosat dalam mendukung terciptanya ekosistem digital di Indonesia. Indosat selalu berupaya menjadi pelopor dalam menghadirkan berbagai inovasi khususnya layanan pembayaran digital kepada masyarakat Indonesia, untuk memperluas akses, mempermudah transaksi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,” ujar Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat.

Baca juga: Indosat & DoCoMo Ujicoba eSIM untuk Komunikasi Global Tanpa Ganti SIM

D-Tap adalah inovasi layanan pembayaran nirkontak (contactless) berbasis teknologi NFC yang dikembangkan oleh Indosat bersama Sony FeliCa, Jepang. Indosat selama 1 tahun terakhir bersama-sama mengembangkan teknologi pembayaran dengan teknologi terdepan yang aman dan handal untuk memberikan alternatif pembayaran bagi masyarakat Indonesia.

Sony FeliCa telah terbukti berhasil mengembangkan teknologi NFC di Jepang (Suica) dan Hongkong (Octopus) dan saat ini telah memiliki 600 juta kartu beredar. Indonesia adalah negara ketiga setelah Jepang dan Hongkong, dimana Sony FeliCa beroperasi. Dengan kerjasama ini, Indosat D-Tap akan dapat diterima di seluruh lokasi dan partner yang telah mengadopsi teknologi NFC, antara lain KRL Jabodetabek, proyek transportasi umum lain, dan merchant-merchant yang telah memiliki reader atau infrastruktur NFC.

Layanan Indosat Dompetku adalah layanan uang elektronik yang memungkinkan pelanggan menggunakan nomor telepon seluler sebagai nomor akun untuk melakukan berbagai transaksi keuangan seperti pembelian di merchant/toko retail, toko online, pembelian mikro asuransi, pembayaran tagihan, pengisian pulsa, bahkan pengiriman uang elektronik lintas operator seluler.

Dompetku telah bekerja sama dengan partner-partner untuk memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan Dompetku seperti: Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, Lawson, Indomaret, 7Eleven untuk toko ritel modern; KCJ (KAI Commuter Jakarta), Asuransi, PadiTrain, PadiAir, CityPass keretaapiku.com untuk transportasi; FoodPanda, Dinomarket, Elevenia, Genflix, Dreamers Radio, Alfaonline untuk toko online.

Di tahun 2015, Indosat Dompetku telah menerima beberapa penghargaan seperti Digital Brand Award dari Infobank dan Best Mobile Payment Service pada ajang Telecom Asia Awards 2015.

 

Baca juga artikel

Bonus Pulsa dari Indosat Menyambut HUT RI Ke -70

Straight2Bank Wallet Perluas Layanan Dompetku Indosat

Indosat Lengkapi Toko Aplikasi Selain Google Play

Like us!
Tedi Yuni A

Content Writer

942 Posts