Perangkat dengan Chipset Snapdragon 820 Siap Dirilis pada 2016

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 14 Agu 2015 | 23:14

Qualcomm beberapa waktu lalu telah memperkenalkan chipset terbarunya, Qualcomm Snapdragon 820. Chipset ini siap menggantikan Snapdragon 810 yang diketahui mengalami berbagai masalah seperti masalah overheating yang cukup mengganggu. Lalu, pertanyaannya kapan bisa merasakan peforma Snapdragon 820 dalam smartphone? Tampaknya kamu harus bersabar karena smartphone yang menggunakan chipset ini baru akan dirilis tahun 2016 mendatang.

Kabar ini sudah diumumkan langsung oleh pihak Qualcomm sendiri saat event SIGGRAPH 2015 kemarin. Dalam ajang tersebut, Qualcomm mengatakan bahwa perangkat yang menggunakan Snapdragon 820 diperkirakan akan hadir pada semester pertama tahun 2016. Kabar ini tentu membantah rumor yang berkembang bahwa Sony Xperia Z5 akan menggunakan chipset baru ini.

Ini juga berarti bahwa pengguna gadget dunia belum akan bisa melihat Google Nexus baru di tahun 2015 ini. Pasalnya, dari rumor yang berkembang LG Nexus akan menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 820. Sementara itu, Huawei Nexus kemungkinan akan mengusung prosesor buatan Huawei sendiri.

Baca juga: Snapdragon 616 Saingi Chipset MediaTek Dikelas Menengah

Qualcomm Snapdragon 820 memang cukup ditunggu kehadirannya. Pasalnya, Qualcomm melakukan berbagai perubahan pada chipset ini. Perubahan paling terlihat tentu adanya teknologi pendingin baru sehingga chipset ini tidak mudah panas. Chipset ini juga akan mengusung teknologi 64-bit terbaru sehingga performa perangkat dijamin meningkat. Bahkan dari info yang didapat, Chipset ini hadir dengan 40% peningkatan performa dan 30% power efficiency.

Tak sabar memang menanti smartphone yang akan menggunakan chipset Qualcomm ini. Kabar terbaru menyebutkan Samsung Galaxy S7 akan menggunakan Snapdragon 820. Menariknya, ponsel dari Samsung ini dirumorkan akan hadir kalau tidak akhir tahun 2015 atau awal tahun 2016. Tak Hanya Samsung S7, Galaxy Note 5 juga sempat dikabarkan mengusung chipset ini.

 

Baca juga artikel

Google Gandeng Qualcomm untuk Smartphone Project Tango

Asus Beralih ke Qualcomm untuk Zenfone di Kelas Menengah Selanjutnya

Qualcomm-Ericsson Kembangkan Modem LTE-A Cat. 11

Artikel Lainnya

Komentar