Tiga Jagoan Snapdragon Qualcomm di kelas Menengah Baru Dirilis

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 12 Agu 2015 | 10:24



Qualcomm Snapdragon 810 menjadi salah satu chipset smartphone terbaik saat ini. Sayangnya, tak semua pengguna gadget bisa merasakan kehebatan chipset ini pasalnya chipset ini hanya melekat pada ponsel terbaru yang rata – rata merupakan smartphone high-end dengan harga tinggi .

Padahal masih banyak pengguna gadget yang mendambakan perangkat smartphone dengan performa terbaik di kelas menengah dan kelas entry-level. Menyadari hal tersebut Qualcomm mengumumkan update tiga prosesor terbaru yakni Qualcomm Snapdragon 212, Snapdragon 412 dan Snapdragon 616, seperti dikutip dari ubergizmo.

Dalam ketiga chipset tersebut, Qualcomm menghadirkan beberapa upgrade dari versi lama dengan peningkatkan kecepatan kerja yang tidak terlalu besar. Qualcomm Snapdragon 212 kecepatan kerjanya meningkat menjadi 1,3 Ghz. Sedangkan Snapdragon 412 meningkat menjadi 1,4 Ghz. Chipset 412 ini juga mengalami peningkatan memory bandwidth dari 522 MHZ menjadi 600 MHZ.

Baca juga: Chipset Terbaru Qualcomm, Snapdragon 820 meluncur 11 Agustus

Meskipun peningkatannya kecil, perubahan ini diharapkan mampu meningkatkan peforma yang lebih baik sehingga semakin cepat kala multitasking. Bahkan diperkirakan Snapdragon 212 mampu digunakan untuk smartphone low-end dengan resolusi layar Full HD 1080 pixels.

Sementara itu untuk Qualcomm Snapdragon 616 juga mendapatkan penyegaran dari sisi kecepatan. Ini merupakan sebuah prosesor Octa-core yang tersusun dari dua buah Cortex A53 cores dengan kecepatan 1,7 Ghz dan kecepatan 1,2 Ghz.

Perubahan potensial ini diharapkan mampu meningkatkan peforma smartphone di kelas menengah ke bawah. Diharapkan semua chipset baru ini akan terpasang di smartphone pada akhir tahun ini atau awak tahun 2016. Kita tunggu saja.

 

Baca juga artikel

Google Gandeng Qualcomm untuk Smartphone Project Tango

Asus Beralih ke Qualcomm untuk Zenfone di Kelas Menengah Selanjutnya

Qualcomm-Ericsson Kembangkan Modem LTE-A Cat. 11

Artikel Lainnya

Komentar