Dipayungi Alphabet, Saham Google Naik 5,8 persen

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 12 Agu 2015 | 23:43

Google kini berada di bawah payung Alphabet Inc, sebuah perusahan baru yang dibentuk oleh para pendiri Google. Alphabet Inc akan menjadi induk Google dan perusahaan lain yang sebelumnya di bawah Google seperti Life Sciences dan Calico.

Langkah restrukturisasi ini dilakukan untuk memperluas bisnis perusahaan sehingga bisa menangani berbagai divisi, termasuk salah satunya Google. Dengan perusahaan baru ini, diharapkan investor semakin berdatangan. Jadi, Alphabet akan menjadi induk dari berbagai perusahaan dengan perusahaan Google sebagai perusahaan paling besar.

“Perusahaan Kami (Google) masih beroperasi dengan baik, namun kami pikir sudah saatnya membuat perusahaan ini lebih berkembang, lebih baik dan lebih mumpuni. Jadi, kami putuskan untuk membuat sebuah perusahaan baru bernama Alphabet,” ujar  mantan CEO Google Larry Page di sebuah Blog.

Baca juga: Cara Mudah Memaksimalkan Fitur di Google Play

Kedepannya, Larry Page akan menjadi CEO Alphabet, sementara Sergey Brin sebagai presiden perusahaan. Untuk posisi Executive Chairman akan ditempati Eric Schmidt. Alhasil, akan ada CEO Google baru yakni Sundar Pichal. Selama ini Pichai dianggap piawai mengemban tugasnya sebagai penanggung jawab produk serta pengembangan bisnis internet Google.

Walaupun sudah tidak menjadi sebuah perusahaan utama, namun Google tetap hadir untuk mengurusi mesin pencari, maps, iklan, aplikasi-aplikasi, Youtube hingga sistem operasi Android. Semua sektor tersebut akan tetap terhubung di bawah nama Google. Google juga akan mulai menangani divisi-divisi baru seperti divisi riset penuaan Calico, penyedia layanan internet fiber hingga rumah pintar nest.

Larry Page menambahkan bahwa proses perubahan atau penyegaran ini dilakukan agar Alphabet dan Google bisa menjadi perusahaan yag lebih bersih dan bertanggung jawab.

Dengan berubahnya posisi Google yang kini di bawah naungan Alphabet, maka berubah pula secara otomatis saham Google menjadi saham Alphabet di akhir tahun ini. Menariknya, pengumuman restrukturisasi ini membuat saham Google menanjak naik hingga 5,8 persen dan mendapat banyak respon dari pasar. Kita tinggu saja kabar dan langkah terbaru perusahaan Alphabet ini.

 

Baca juga artikel

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Beli Aplikasi di Google Play Sekarang Bisa Pakai Pulsa XL

Google menghadirkan Kategori Family Dalam Play Store

Artikel Lainnya

Komentar