Produk Sony dan BlackBerry Terancam Angkat Kaki dari Indonesia

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 11 Agu 2015 | 13:49

Dua produsen smartphone besar, Sony dan Blackberry tahun depan bisa saja angkat kaki dari Indonesia dan produknya tak akan lagi ditemukan. Hal ini terkait dengan ketentuan pembangunan pabrik perakitan dua perusahaan tersebut di Indonesia yang belum juga dilaksanakan. Bahkan sampai saat ini kedua perusahaan tersebut belum juga melaporkan rencana bisnisnya ke depan di Indonesia kepada otoritas yang berwenang, dalam hal ini adalah kementrian perindustrian.

 Aturan pendirian ini memang sudah tertuang dalam peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 38/M-DAG/8/2013 yang mentaur tentang impor-impor benda-benda telekomunikasi seperti ponsel, handheld, dan tablet dari semua importir terdaftar. Isi dari peraturan tersebut adalah mewajibkan seluruh perusahaan pemasok dan pembuat perangkat agar membuat pabrik perakitan di Indonesia agar ijin edar produk mereka di Indonesia tetap valid. Dengan kata lain jika vendor tak mendirikan pabrik perakitan di Indonesia, maka seluruh produk dari vendor tersebut tak akan mendapatkan ijin edar di Indonesia. Aturan ini harus dipatuhi paling lambat bulan februari 2016 mendatang.

Baca juga: Lenovo K3 Note Sudah Dijual di Indonesia Harga 3 Jutaan

Salah soerang pejabat di kementrian perindustrian mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada pengajuan proposal pembangunan pabrik ataupun rencana bisnis mereka di Indonesia untuk masa depan. Mereka masih punya waktu sampai kuartal kedua 2016 untuk membangun pabrik perakitan di Indonesia agar bisa terus menjual di sini.

Bahkan salah satu media cetak, Kontan, ketika mereka mencoba menghubungi salah satu pejabat BlackBerry di Indonesia melalui email, pejabat tersebut mengatakan belum bisa memberikan informasi apapun mengenai business plan Blackberry di Indonesia. Jika terus demikian, maka tahun depan Anda tak akan lagi bisa beli blackberry dan juga ponsel Xperia series dari Sony.

Saat ini sudah banyak vendor yang mendirikan pabrik perakitan di Indonesia, salah satunya adalah Samsung. Beberapa vendor lokal juga sudah bekerja sama dengan vendor Tiongkok mendirikan pabrik di Cikarang antara lain adalah Haier dan Pantech. Sementara vendor yang lain saat ini sedang dalam pengerjakan pabrik perakitan smartphone mereka di Cikarang dan beberapa daerah lain.

 

Baca juga artikel

Windows 10 Ceraikan IE dan Beralih ke Microsoft Edge

7 Aplikasi Windows Jadul yang Berjalan di Windows 10

Ternyata Program Skynet Memang Ada!

Artikel Lainnya

Komentar