Fujifilm XT-1 IR, Menangkap Cahaya Infrared dan Ultraviolet Secara Langsung

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Agu 2015 | 10:19

 

Fujifilm kembali menghadirkan perangkat kamera baru untuk kelas premium. Varian yang dirilis ialah kamera mirrorless X-series, Fujifilm XT-1 IR. Kamera digital ini akan hadir dengan desain dan spesifikasi tak berbeda jauh dengan varian XT-1. Bedanya, kamera ini mampu menangkap cahaya infrared dan ultraviolet secara langsung.

Seperti yang diketahui, kamera DSLR biasa tidak bisa menangkap spectrum warna secara terpisah. Namun, dengan kamera Fujifilm ini bisa memisah warna. Infrared sendiri ada dikisaran 380 nm hingga 1000 nm.  Sementara untuk mata manusia sendiri hanya mampu merespon cahaya antara 390 nm hingga 700 nm. Alhasil kamera terbaru ini bisa menghadirkan gambar dengan warna yang tidak bisa tertangkap oleh mata manusia biasa.

Kamera mirrorless ini hadir dengan desain khas DSLR yang besar namun tetap nyaman. Fujifilm bahkan menghadirkan bodi magnesium yang diklaim lebih kokoh dan tahan air hinga debu. Desain ini juga disokong monitor LCD 3 inci dibagian belakang. Fujifilm juga mengusung viewfinder yang semakin nyaman. Kamera ini bahkan dibekali EVF OLED display dengan teknologi real time viewfinder.

Baca juga: Ini Daftar Kamera Saku Terbaik dengan Harga Mulai Dari Rp 2 Jutaan

Tak berbeda jauh dengan varian aslinya, Fujifilm X-T1 IR menggunakan sensor 16 MP APS-C X-Trans dengan fitur anti-reflective coating. Bedanya, Fujifilm melepas standar IR Filter sehingga kamera ini bisa menangkap cahaya infrared dan spectrum warna lainnya.

Sebetulnya, kamera digital DSLR pun bisa digunakan untuk menangkap infrared. Namun, ada beberapa bagian dalam kamera DSLR yang harus dilepas dan hal ini dirasa menyulitkan pengguna awam.

Kamera infrared sejatinya cukup dibutuhkan untuk kegiatan seni dan kegunaan penting lainnya seperti investigasi kriminal, bidang ilmiah dan lainnya. Dengan kamera ini, kamu bisa mengetahui perbedaan temperature hanya dengan memotret sebuah objek atau ruangan. Bahkan dengan sensitivitas sensor yang diusung membuat kamera ini bisa digunakan untuk kegiatan astrophotography.

Kamera Fujifilm XT-1 IR ini akan dijual mulai kisaran 1700 USD atau sekitar Rp 23 jutaan pada Oktober mendatang.    

 

Baca juga artikel

Cari Kamera Prosumer Murah di Bawah Rp 3 Juta? Ini Daftarnya

Fujifilm X-A2, Kamera Mirrorless untuk Menunjang Foto Selfie

Kamera Buat Lebaran, Pilih Canon S120 atau Fujifilm XQ1?

Artikel Lainnya

Komentar