Indosat & DoCoMo Ujicoba eSIM untuk Komunikasi Global Tanpa Ganti SIM

Oleh Alena Yulitta on Senin, 10 Agu 2015 | 13:48

Awal bulan ini, tepatnya tanggal 3 Agustus yang lalu, Indosat yang bernaung di bawah Ooredoo dan DoCoMo, salah satu operator seluler terbesar di Jepang  telah menandatangani sebuah MoU kerja sama ujicoba eSIM untuk layanan M2M lintas negara. eSIM yang diujicobakan adalah milik DoCoMo.

Ujicoba eSIM ini untuk memastikan bahwa provisioning SIM Card secara global dapat dilakukan dengan baik sehingga penggunaan jaringan dan juga pertukaran profil SIM Card antara dua perusahaan telekomunikasi (platform M2M) yang berbeda negara dapat berjalan dengan baik sehingga ke depanya komunikasi tanpa batas akan bisa dilakukan.

Dengan ujicoba ini maka di masa depan pengguna perangkat komunikasi tak perlu ganti SIM Card/nomor ponsel terlebih dahulu. Di dalam uji coba tersebut DoCoMo berperan di bidang teknis dan strategi solusi eSIM, sedangkan Indosar berperan menawarkan solusi M2M yang semakin lengkap dan juga lebih fleksibel dengan fitur konektivitas M2M, Manage Connectivity M2M berbasis platform M2m dan juga solusi One-Stop-Shop M2M dengan dukungan End-to-End. Dengan kata lain kerja sama ini akan memberikan all-in-one solution untuk komunikasi lintas batas negara dan solusi untuk pengembangan bisnis yang optimal.

Baca juga: Tips Sederhana Agar Baterai Tablet Tahan Lama

Dengan eSIM yang baru saja diujicobakan oleh Indosat dan DoCoMo, memungkinkan komunikasi global tanpa batas dan tanpa ribet dengan koneksi yang handal, terpercaya, skalabel serta aman. Ujicoba yang merupakan bagian dari pemercepatan penggelaran M2M di Asia dan juga dunia sehingga nantinya akan mendukung mobilitas yang lebih bebas dan tak terbatas pada batas-batas (border) operator di setiap negara.

eSIM nantinya akan langsung ditanam pada perangkat dan bisa diaktifkan secara remote dengan profil langganan M2M yang tersedia pada operator lokal dan langsung bisa di bawa ke ke negara manapun dan menggunakan paket berlangganan pada negara tersebut. Cukup dengan satu eSIM Card maka komunikasi global bisa diringkas, satu eSIM cukup untuk mengakses dan terkoneksi dengan jaringan operator manapun di dunia. Hal ini diharapkan tak saja mempermudah komunikasi namun juga membuat proses bisnis dan perekonomian menjadi maksimal.

 

Baca juga artikel

4 Tablet Android Murah dengan Fitur Dual Sim

Daftar Tablet Windows Murah di bawah Rp 2 jutaan

Pilih mana, Lenovo TAB 2 A10-70 atau Samsung Galaxy Tab 4 10.1?

Artikel Lainnya

Komentar