Chipset Terbaru Qualcomm, Snapdragon 820 Meluncur 11 Agustus

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 06 Agu 2015 | 12:03

Setelah mendapat kritikan pedas akibat masalah overheating pada Snapdragon 810, produsen chipset Qualcomm akhirnya melakukan banyak ubahan dan menerapkan teknologi baru pada generasi chipset selanjutnya yang diyakini sebagai Qualcomm Snapdragon 820.

Kabarnya chipset Snapdragon ini akan dirilis pada 11 Agustus mendatang dalam sebuah even di kota Los Angeles , Amerika. Kabar ini diperkuat dengan munculnya beberapa bocoran spesifikasi chipset ini di Weibo (Twitter versi Cina).

Baca jugaFitur Terbaru pada Android M yang Baru Saja Dirilis

Snapdragon 820 dipastikan akan menggunakan teknologi 14 nm FinFet untuk mengimbangi chipset Samsung Exynos 7420. Teknologi ini diklaim membuat prosesor lebih hemat daya dan tidak mudah panas.  Yang terpenting, Qualcomm mendesain ulang ARM cores dengan custom architecture dan kemungkinan Snapdragon 820 hanya akan dipasangkan prosesor Quad core saja, berbeda dengan seri Snapdragon 810 yang memimiliki 8 inti.

Dengan berbagai perubahan ini, Qualcomm menjamin bahwa Snapdragon 820 mampu menawarkan performa 35% lebih baik. Chipset ini kemungkinan akan disandingkan dengan GPU Adreno 530. Gabungan chipset dan GPU ini diklaim menghadirkan peningkatan 40% di sisi grafis dan 30% lebih effisien dibanding prosesor sebelumnya.

Chipset terbaru Snapdragon 820 ini juga sudah dibekali teknologi Dual-channel LPDDR4 Memory dengan kecepatan lebih dari 1688 Mhz. Chipset ini juga mendukung sektor kamera yang lebih besar. Dengan chip ini, sebuah smartphone bisa menggunakan kamera utama hingga 28 MP.  Tak hanya itu, chipset MSM8996 ini juga mampu digunakan untuk memutar video 4K pada 60fps. Hal menarik lainnya, terdapat tambahan low powered sensor untuk mengatasi kondisi darurat baterai yang hampir habis.

Dalam bocoran tersebut juga terungkap bahwa Qualcomm Snapdragon 820 baru akan diproduksi massal pada akhir 2015. Sehingga diharapkan bisa terpasang di smartphone dan tablet terbaru pada semester pertama tahun 2016. Bila kamu masih penasaran pada chipset terbaru ini, tunggu info selanjutnya.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar