Ini Daftar Kegagalan Kesepakatan yang Dialami Startup Raksasa

Oleh Nadia Maharani on Selasa, 04 Agu 2015 | 10:35

Kamu tentu amat familiar dengan berbagai startup raksasa semacam Google, Facebook dan Twitter. Ya, mereka adalah beberapa contoh startup yang berkembang pesat dan kini tak kalah tenar dengan perusahaan besar lain seperti Microsoft. Dalam waktu yang relatif singkat, pamor startup tersebut melejit.

Namun, perjalanan startup tersebut tak semulus yang dibayangkan. Dalam proses perkembangannya, para pelaku startup mengalami berbagai peristiwa, termasuk kegagalan kesepakatan dengan perusahaan lain. Mau tahu kegagalan apa saja yang telah mereka alami? Berikut daftarnya.

Google Hampir Terjual Dengan Harga $750.000

Pada 1999, Page dan Brin selaku founder Google tengah merintis perusahaan mereka. Saat ini, masa depan perusahaan mereka tak terlihat menjanjikan. Akhirnya, mereka menawarkan untuk menjual Google ke sebuah perusahaan bernama Excite dengan harga $1juta. Excite menawarnya menjadi $750.000 dan kesepakatan itupun gagal. Tahukah kamu berapa nilai Google sekarang? Jawabnya adalah $500 Milyar!

Baca juga: Uji Pengetahuan Kamu Tentang Gadget dan Dapatkan Lenovo Tab 2 A7-10 dari Pricebook

Penawaran Yahoo Senilai $3 Milyar Ditolak Google

Ketika Google tengah berkembang pada tahun 2000-an, Yahoo melihatnya sebagai suatu kesempatan bisnis. Perusahaan itu berupaya menawarkan kesepakatan senilai $3 Milyar, namun ditolak Google atas berbagai pertimbangan. Ternyata, setelah IPO 2004, Google memikat pasar dengan nilai $23 Milyar.

Facebook Menolak Penawaran Yahoo Senilai $1 Milyar

Pada tahun 2006, yakni 2 tahun setelah perkenalan Facebook sebagai proyek kampus, Mark Zuckerberg mendapat penawaran menggiurkan dari Yahoo senilai $1 Milyar. Penawaran tersebut akhirnya ditolak oleh Zuckerberg karena ia memiliki rencananya sendiri.

Baca juga: Lima Fitur Android Terbaru Patut Dicoba Bagi Pengguna Robot Ijo

Penawaran Senilai $15 Milyar Dari Microsoft Ditolak Facebook

Yahoo bukanlah satu-satunya yang tertarik pada Facebook. Pada 2007, Microsoft juga ikut memberikan penawarannya pada Zuckerberg, kali ini nilainya mencapai $15 Milyar. Lagi-lagi Zuckerberg menolak penawaran dengan nilai besar itu dan kini Microsoft memiliki saham 1,6 persen dari perusahaan tersebut.

Twitter Menolak Tawaran Facebook

Facebook yang berawal sebagai proyek kampus telah menjelma menjadi brand raksasa. Perusahaan itu kemudian berupaya untuk membeli Twitter. Penawaran itu berupa $500 juta dari sahamnya sendiri. Namun, kali ini Twitter yang menolaknya. Kini, memiliki jumlah pengguna dengan angka fantastis, Twitter juga tak kalah tenar dengan Facebook.

 

Baca juga artikel

Windows 10 Telah Diluncurkan, Berikut Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Bingung Beli PS4 atau Xbox One? Ini Perbandingannya!

Empat Aplikasi ini Bikin Handphone Android Kamu Lemot

Artikel Lainnya

Komentar