Bingung Beli PS4 atau Xbox One? Ini Perbandingannya!

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 28 Jul 2015 | 16:52

 

Beberapa tahun ini, dunia teknologi terus berkembang. Tak hanya perangkat komunikasi saja yang melaju cepat, perangkat gaming pun juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dalam hal konsol game misalnya, Microsoft dan Sony terus bersaing merilis konsol game terbaik seperti PS4 dan Xbox One. Kedua produsen ini berhasil melakukan pengembangan konsol game yang cukup baik, bahkan mengesankan semenjak kedua konsol game milik Sony dan Microsoft tersebut dirilis.

Lalu, ditahun 2015, manakah yang layak dibeli PS4 atau Xbox One?

Desain PS4 vs Xbox One

Kala melirik bagian desain, kedua perangkat game ini tampil dengan desain yang sangat berbeda. Microsoft menghadirkan desain Xbox lebih besar dibanding PS4 milik Sony. Xbox menghadirkan dimensi 13,5 x 10,4 x 3,2 inci dengan berat 3,1kg. Sementara itu, Playstasion menghadirkan dimensi 10,8 x 12 x 2 inci dengan berat 2,8kg. Dari segi desain, Sony lebih unggul dengan tampilan yang stylish, ramping dan ringan.

Namun, Microsoft menghadirkan desain yang besar bukan tanpa alasan. Perangkat ini kabarnya telah dibekali sistem pendingin mesin baru sehingga mesin tidak overheat kala digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Memori Penyimpanan PS4 vs Xbox One

Kedua perangkat awalnya hadir dengan versi memori internal 500 GB. Bahkan, kini kedua konsol game hadir dengan varian 1 TB. Menariknya Sony menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengganti memori internal dengan mudah. Microsoft juga tak mau kalah. Produsen ini menghadirkan fitur external storage atau memori eksternal pada perangkat miliknya. Xbox kini bisa dipasangi Drive sebesar 256GB atau lebih dengan USB 3.0 Compatible.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Hardware PS4 vs Xbox One

PS4 ataupun Xbox one hadir dengan bagian mesin yang memiliki karakter masing-masing. Setidaknya kedua konsol game terdapat Blu-ray atau DVD Combo drive di bagian sebelah kiri.

Kedua perangkat gaming ini sudah menggunakan prosesor AMD 8-core Jaguar CPU. Bedanya, Xbox One memiliki kecepatan prosesor 1,7 GHz, sedangkan PS4 hanya 1,6 GHz.

Pada bagian GPU dan RAM, kedua konsol Game mengusung GPU AMD Radeon HD 7000 dengan sokongan RAM 8GB. Menariknya, kala digunakan PS4 mampu menampilkan grafis yang lebih detail dibanding Xbox One.

Joystick

Manakah diantara kedua konsel game ini yang memiliki controllers paling baik? Joystick milik sony juga mengalami perubahan yang cukup baik. Perangkat ini sudah dibekali fitur dualshock. Perangkat ini juga masih tampil familiar seperti seri sebelumnya. Sayangnya, controller ini dibekali baterai isi ulang. Hal ini mungkin cukup merepotkan kamu kala bermain dan kehabisan baterai. 

Microsoft menghadirkan ubahan cukup baik pada sisi joystick. Microsoft merubah bagian D-pad sehingga lebih mudah diklik dan responsive. Tak lupa terpasang fitur Dualshock dan wireless. Sayangnya, controller ini masih membutuhkan 2 buah baterai AA sebagai sumber tenaga. Walaupun demikian, joystick Sony ini hadir dengan dimensi yang lebih mungil dan mudah digenggam dibanding Joystick Xbox yang terasa besar.

Kesimpulan

Tampaknya PS4 dari Sony lebih layak dibeli dibanding Xbox One. Konsol game Sony ini lebih unggul dengan desain yang kecil, mesin yang powerfull hingga controller yang lebih baik. Namun, untuk urusan harga, tampaknya Xbox One layak dipilih apalagi konsol game Microsoft ini punya fitur memori eksternal dan 3D Blu-ray.

 

Baca juga artikel

Seri terbaru Game DOOM siap dirilis pada musim semi tahun 2016

Deretan Game iOS Gratis Pengusir Bosan di Bulan Ramadan 2015

Kamcord, Aplikasi Android untuk Merekam Video dan Membagikan Game

Artikel Lainnya

Komentar