Ini Beda HTC One M9+ dan HTC One M9

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 28 Jul 2015 | 11:55

HTC tampaknya menjadi salah satu produsen smartphone asal Taiwan yang cukup sukses di pasar dunia. Vendor ini berhasil menciptakan smartphone yang original dan dibekali spesifikasi serta teknologi yang cukup berhasil menarik perhatian dunia.

Seperti yang dilakukan HTC tahun 2015 ini, HTC melepas sebuah ponsel premium bernama HTC One M9 pada Maret lalu. Dalam ponsel ini tersaji prosesor Octa core yang gahar hingga dual kamera yang mumpuni. Menariknya, dibulan April selanjutnya , HTC juga merilis HTC One M9+ yang juga dibekali spesifikasi kelas tinggi. Lalu apa saja perbedaan kedua ponsel Android HTC ini?

Desain

Untuk desain, kedua ponsel premium ini tak berbeda jauh. Kedua ponsel ini sama – sama menggunakan desain berbodi metal. Bedanya HTC hanya menghadirkan tombol home di bawah layar HTC One M9+. Sementara dalam HTC One M9 tidak ada tombol di bawah layar.

Baca jugaAplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada Di Peluncuran Preview Android M

Pada bagian dimensi, M9+ tampak hadir lebih besar  yakni 151 x 72 x 9,6 mm dengan berat 168 gram. Sementara seri M9 hanya berukuran 144,6 x 69,7 x 9,6 mm dengan berat 157 gram.

Layar

HTC tampaknya memasang layar yang lebih lebar pada seri M9+ yakni layar sentuh berukuran 5,2 inci dengan teknologi Super LCD3 dengan resolusi QHD 1440 x 2560 pixels.

Seri M9 hanya menggunakan layar berukuran 5 inci dengan teknologi Super LCD3 dan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels.  Kedua layar juga sudah dibekali fitur anti gores Gorilla Glass 4. Tampaknya layar M9+ tampil lebih detail dan tajam.

Hardware dan Software

Dapur pacu kedua ponsel ini berbeda. HTC one M9 dibekali chipset  Snapdragon 810 dengan empat inti prosesor dengan sokongan RAM 3 GB dan pengolah grafis Adreno 430. Berbeda dengan HTC one M9+ yang menggunakan prosesor Mediatek MT6795T, Octa core dan dilengkapi dengan kapasitas  RAM 3GB dan pengolah grafis PowerVR.  Sementara itu, sebagai ponsel teranyar,  dalam tubuh kedua ponsel sudah terinstal Android Lollipop dengan balutan HTC Sense UI.

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Memori Internal

Kedua Ponsel HTC M9 series ini sama- sama dibekali memori penyimpanan sebesar 32GB dan slot micro sd. Memori penyimpanannya dirasa cukup memenuhi kebutuhan pengguna saat ini.

Kamera

HTC memasang kamera utama 20 MP dan kamera depan 4 MP pada seri HTC One M9. Untuk seri HTC One M9+, HTC menggunakan kamera utama 20 MP + 2,1 MP serta kamera depan 4 MP. Kedua ponsel sudah dibekali teknologi kamera ultrapixels.

Kesimpulan

Meski diklaim tak jauh berbeda, ternyata HTC One M9+ hadir dengan layar dan kamera yang lebih baik dibanding HTC One M9. Walaupun demikian untuk performa harian kedua ponsel premium ini tak jauh berbeda.  

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar