QMobile A1, Smartphone Murah Mirip Android One di Indonesia

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 28 Jul 2015 | 19:51

Sesekali Pricebook menampilkan update smartphone yang bukan dari negara pengekspor smartphone. Kali ini yang muncul adalah QMobile A1 yang merupakan smartphone murah asal Pakistan. Smartphone ini sangat mirip dengan Android One di Indonesia karena memang merupakan salah satu bagian dari proyek Google Mobile. Perangkat yang dibuat langsung di bawah pengawasan Google ini dibekali dengan fitur yang sudah mampu menjalankan Android M alias Android 6.0 yang akan meluncur tahun depan.

Baca juga: Smartphone Android dengan Skor AnTuTu Terbaik Tahun 2015

Dengan desain yang sangat mirip Android One di Indonesia, QMobile A1 dibekali dengan layar berukuran 4,5 inci dengan resolusi lumayan, FWVGA 854 x 480 pixels. Walau resolusi ini tak sedikitpun menyamai resolusi HD 1280 x 720 pixels, namun tampilan layar QMobile A1 cukup baik berkat penggunaan panel IPS.

Untuk tampilan antar muka, QMobile A1 membawa UI dari OS Android Lollipop yang modern dan dinamis dengan tiga buah tombol on screen pada bagian bawah layar. Untuk hardware-nya, QMobile A1 dibekali dengan chipset Quad core dengan clockspeed 1,3GHz dan RAM 1GB. Media penyimpanan pada smartphone ini adalah 8GB dan bisa diperluas dengan microSD hingga 64GB.

Baca juga: 10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

QMobile A1 menghadirkan pula kamera utama 5MP yang didukung dengan auto focus dan LED flash serta sebuah kamera depan berkekuatan 2MP. Untuk konektivitas, terdapat dual SIM dengan dukungan frekuensi hingga HSDPA dan terdapat pula fitur standar Android seperti WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, WiFi Direct, Hotspot, GPS, A-GPS/GLONASS, MicroUSB 2.0 dan Bluetooth 4.0.

Untuk sumber tenaganya, QMobile A1 dibekali dengan baterai berkapasitas 1700mAh dan dijual dengan harga 1,3 jutaan saja. Karena sama-sama perangkat yang dibuat di bawah pengawasan Google maka QMobile A1 sangat mirip dengan Evercoss One X, Nexian Journey dan Mito Impact.

 

Baca juga artikel

5 Smartphone Android Terbaik Harga 3 Jutaan

4 Smartphone Terbaik dengan Fitur Quick Charger

MediaTek Ciptakan Prosesor 10-Core, Skor AnTuTu-nya Capai 70.000

Artikel Lainnya

Komentar