Kenali 4 Virus Android Berbahaya ini pada Smartphone Kamu

Oleh Alena Yulitta on Senin, 13 Jul 2015 | 14:39

Android sering dikatakan OS yang paling rentan terhadap serangan hacker dan juga virus. Namun sejauh mana infeksi virus yang terjadi pastinya sangat tergantung kepada kamu yang menggunakan dan mengoperasikan perangkat tersebut. Kamu tak bisa mengabaikan serangan virus karena hal tersebut akan sangat beresiko terhadap data-data yang tersimpan pada smartphone kamu semisal login name dan password email, FB, Twitter, Path, Instagram Whatsapp dan Line. Begitu pula jika Anda sering melakukan online Banking dengan smartphone Anda tersebut.

Ada banyak jenis malware yang bisa yang bisa menginfeksi smartphone Anda. Malware (Malicious Ware) atau program pengganggu ada banyak jenisnya mulai dari Worm, virus, adware, dan jenis-jenis yang lain. Mereka tak hanya akan membuat hang smartphone Anda namun juga mencuri data-data penting, PIN, nomor CC dan banyak lagi. Oleh sebab itu sudah seharunya kamu mengetahui jenis-jenis malware:

 

             Baca juga : Awas! Malware Mengintai Perangkat Android Anda

 

Ransomware

Malware canggih ini sedang trend dan cara kerjanya juga sadis yaitu dengan mengunci layar smartphone kamu dan juga file-file di dalamnya sampai kamu membayar sejumlah uang yang diminta. Malware ini bisa terdownload saat kamu membuka website dewasa, website hacking, dan website lain yang berbahaya. Kamu akan dituduh melakukan kejahatan sesuatu dan harus membayar tebusan.

Malware Penginstal Aplikasi

Ada pula malware yang menginstal aplikasi tanpa ijin kamu. Jangan pernah kamu membuka suatu link yang dikirimkan kepada kamu menggunakan WebView karena kamu rentan dengan UXSS atau Universal Cross-Site Scripting. Jika link tersebut kamu buka maka malware berbasis javascript akan menyerang dan menginstal aplikasi yang mereka inginkan. Hindari dengan cara membuka link lewat browser chrome, safari, atau firefox.

Android PowerOffHijack

Siapa yang menyangka jika ada malware yang mampu membuat smartphone kamu seperti mati tapi tetap bekerja normal dan kemudian memanfaatkan smartphone kamu tersebut untuk membuat panggilan telepon, mengambil foto dan juga banyak perintah lain tanpa setahu kamu. Malware ini berbahaya karena mencuri data-data pribadi pengguna.

Malware Pada Game Sederhana

Saat ini ada banyak malware yang disisipkan pada game-game sederhana seperti game Solitaire dan juga game IQ Test. Tujuannya adalah mengelabuhi pengguna yang tak akan berpikir jika game sederhana dan ringan seperti Solitaire ternyata bisa disisipi oleh program jahat.

Untuk membasmi semua malware tersebut Avast menawarkan Filip Chytry. Jika kamu tak ingin smartphone terkena malware yang berbaha tersebut, selalu download aplikasi dari Google Play atau pihak ketiga yang terpercaya seperti XDA Developer.

 

Baca juga artikel

Game RPG iOS Terbaru untuk Hiburan Mudik

Mudik Makin Asyik Mainkan 4 Game Android Terbaru Ini

Aplikasi Pemutar Video untuk Handphone Windows Phone

 

Artikel Lainnya

Komentar