Kabar Gembira, Vendor Mulai Patuhi TKDN, Harga Ditekan  

Oleh Alena Yulitta on Senin, 13 Jul 2015 | 14:27

Sejak awal mula gelaran jaringan 4G LTE disetujui untuk dilaksanakan, Pemerintah melalui Menkominfo mensyaratkan pemberlakukan aturan TKDN. Pemerintah berencana memberlakukan aturan tersebut secara bertahap yang akan dimulai 2 tahun lagi. Pemberlakukan tahap pertama TKDN pada tahun 2017 tersebut sebesar 30%, artinya perangkat yang dibekali fitur 4G harus mengandung komponen lokal sebanyak 30%, dan pemenuhan TKDN 40% akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Menkominfo, Rudiantara menyatakan bahwa aturan ini mutlak dipatuhi oleh semua vendor yang menjual perangkat smartphone dan tablet di Indonesia dan termasuk pula perangkat GSM dan juga CDMA. Berdasarkan laporan  yang dibuat oleh Menteri Perindustrian saat ini sudah banyak vendor yang mulai mematuhi aturan tersebut dan disebutkan sudah ada sekitar 16 merek yang mematuhi aturan tersebut walau belum penuh TKDN 30%. Disebutkan sebagian besar perangkat tersebut baru memenuhi sekitar 20% dari ketentuan TKDN. Merek-merek yang sudah mulai mentaati TKDN tersebut antara lain adalah Lenovo, Bolt, Ivo, Smartfren, Huawei, Haier, Oppo, Samsung, Asiafone, Gosco, SPC, Axioo, Mito, Advan, Evercoss, dan juga Polytron.

Merk-merk tersebut sudah memiliki fasilitas produksi di Indonesia dan sudah mematuhi 20% TKDN. Dengan aturan tersebut dan pabrik yang berada di Indonesia, maka harga-harga smartphone di masa depan akan bisa ditekan harganya karena tidak lagi tergantung pada impor yang lebih mahal harganya. Pada intinya aturan TKDN 30% hanya diberlakukan pada smartphone 4G LTE yang berbasis pada FDD (Frequency Division Duplex. Sementara TKDN 40% akan diberlakukan pada 4G LTE yang berbasis TDD (Time Division Duplex) dan baru akan efektif  tahun 2019 mendatang.

Dengan aturan TKDN ini maka impor smartphone akan berkurang dan memaksimalkan penggunaan sumber daya dalam negeri serta membantu mengurangi defisit perdagangan. Mari kita lihat hasil pemberlakukan aturan TKDN ini beberapa tahun lagi, semoga hasil yang diharapkan sesuai.

 

Baca juga artikel

Update Terbaru Google Maps untuk Mudik 2015

Bisnis Berkembang, Lenovo Kenalkan Logo Baru

Liva-X, Mini PC Persembahan ECS Seharga Rp2juta-an

 

Artikel Lainnya

Komentar