Wah, Kini Pendaki Gunung Fuji Bisa Nikmati Wifi Gratis

Oleh Nadia Maharani on Jumat, 10 Jul 2015 | 10:30

Kebutuhan akan koneksi internet selalu muncul di mana saja, tak terkecuali jika kamu sedang mendaki gunung. Salah satu faktor yang mendorong munculnya kebutuhan tersebut adalah urgensi untuk mentransfer data atau sekedar memposting hasil dokumentasi saat pendakian ke media sosial.

Hal ini disadari oleh pengelola Gunung Fuji yang banyak digunakan sebagai tempat wisata atau kegiatan mendaki. Atas saran dari banyak turis, akhirnya koneksi WiFi gratis tersedia di Gunung Fuji. Alhasil, siapa pun bebas mengakses internet saat sedang berada di lokasi.

 Baca juga: Adobe Rilis 4 Aplikasi Edit Foto Terbaru untuk Handphone Android

Berdasarkan laporan yang dimuat di website Asahi Shimbun, layanan baru tersebut akan berlangsung mulai 10 Juli hingga September mendatang. Terdapat 8 situs, termasuk area resort dan puncak Gunung Sumit, yang dijangkau hotspot wifi. Dengan layanan gratis tersebut, pengelola mengharapkan peningkatan jumlah turis yang datang ke gunung ikonik tersebut.

Seorang petugas pariwisata mengatakan bahwa, dengan layanan itu, orang-orang bisa menggunakannya untuk menceritakan daya tarik Gunung Fuji. Selain itu, mereka bisa mendapatkan informasi mengenai cuaca dan hal-hal lain terkait keamanan mereka saat mendaki. Dengan bantuan sebuah perusahaan telekomunikasi, NTT Docomo Inc., layanan tersebut bisa terealisasi.

Tentu saja layanan tersebut mendatangkan pendapat yang pro dan kontra. Ketika banyak orang yang menyambut baik penyediaan WiFi gratis itu, ada pula yang berpendapat jika hal tersebut merupakan ide buruk.

 Baca juga: 7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Sebagian orang mengatakan jika perangkat semacam smartphone dan kegiatan mendaki bukanlah kombinasi yang baik. Menurut mereka, menggunakan smartphone saat berkendara saja akan berakibat buruk, bagaimana jika tengah mendaki? Seorang pendaki yang tengah asyik mengakses internet bisa kehilangan konsentrasi dan terjatuh menimpa pendaki lain.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, para pendaki diharapkan untuk menggunakan layanan wifi tersebut dengan bijak dimana mereka tidak boleh mengabaikan keselamatan mereka saat mengakses internet.

Untuk menyebarkan infomasi mengenai WiFi gratis di Gunung Fuji tersebut, NTT Docomo berencana untuk membagikan 70.000 brosur. Penyediaan hospot WiFi gratis dengan area cakupan luas tersebut bukanlah yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, Silicon Valley sudah menyediakan WiFi gratis untuk mereka yang berada di area tersebut.

 

Baca juga artikel

Ini Biaya Pergantian Baterai dan Layar Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

Huawei P8 dan P8max, Duo Smartphone Pamungkas di Kelas Premium

Lenovo P90: Menggunakan Chipset Prosesor Intel, Koneksi LTE dan Baterai 4000mAh

Artikel Lainnya

Komentar