Persiapan Operator Smartfren Menghadapi Ramadan dan Mudik 2015

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 30 Jun 2015 | 10:24

Memasuki bulan Ramadan tahun 2015 ini, banyak orang yang memanfaatkannya untuk bersilaturahmi hingga berkomunikasi. Hal ini membuat lalu lintas jaringan telekomunikasi selama bulan puasa hingga lebaran akan meningkat.

Hal ini dimanfaatkan beberapa operator komunikasi untuk menghadirkan paket khusus selama Ramadan. Tak hanya itu, beberapa operator juga melakukan berbagai persiapan guna menghadapi jaringan telekomunikasi yang meningkat.

Baca juga: Internet of Things Didukung Chipset Terbaru Broadcom

Seperti yang dilakukan operator seluler CDMA, Smartfren yang telah melakukan berbagai persiapan guna memuaskan pelanggan setianya. Anak usaha Sinar mas ini kabarnya sudah meningkatkan kualitas atau optimaliasasi jaringan agar saat terjadi lonjakan komunikasi tidak ada gangguan.

Munir S Prabowo, VP Network Smartfren Smartfren telah meningkatkan kualitas dan meminimalisir problem jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik hingga upaya meng-cover blind spot. “ Lonjakan justru tidak terjadi di Jakarta. Lonjakan komunikasi justru terjadi dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali. Seperti yang diketahui, pada masa lebaran, Jakarta akan sepi karena kebanyakan orang mudik ke daerah,”ujarnya.

Untuk meningkatkan kualitas jaringan, Smartfren telah mengoptimalkan infrastruktur pada beberapa titik lokasi yang diperkirakan akan ramai dikunjungi, seperti tempat istirahat pemudik hingga tempat wisata. Kapasitas jaringan pun sudah dinaikkan hingga 40 persen dan ketersediaan jaringan telah dimaksimalkan hingga 99,85 persen.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Sehari Tanpa Adanya Internet

Langkah-langkah ini dilakukan Smartfren mengingat diprediksikan lonjakan terjadi 6-8 persen di pulau Sumatra dan 10 hingga 14 persen di Pulau Jawa. Untuk itu, Smartfren juga sudah mengaktifkan tujuh regional office yakni di medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang ,Surabaya, hingga Malang. Bahkan semua kantor regional tersebut dibekali lebih dari 120 unit perangkat Equipment Management System (EMS).

 

Baca juga artikel

Evercoss dan Opera Hadirkan Internet Gratis di Indonesia Saingi Internet.org

Ini Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet

Wah, Sekarang Video di YouTube Bisa Ditonton Tanpa Jaringan Internet

Kantor-kantor tersebut akan bekerja secara penuh setiap hari guna memantau jaringan milik Smartfren. Smartfren bahkan telah menyiapkan 800 staff yang dilengkapi kendaraan operasional dan siap bergerak bila terjadi ganggungan jaringan pada puncak lebaran 2015.

 

Artikel Lainnya

Komentar