Minat Pasar Pada PC Merosot, Windows 10 Tak Akan Bantu Banyak

Oleh Nadia Maharani on Senin, 29 Jun 2015 | 14:22

Berdasarkan data penjualan PC desktop berbagai produsen, minat pasar terhadap jenis perangkat komputing tersebut kian turun. Penurunan tersebut terjadi secara terus menerus sejak empat tahun belakangan. Salah satu penyebab utamanya adalah para konsumen mengalihkan pengeluaran mereka untuk pembelian produk komputing portabel seperti smartphone.

Pada tahun 2015 ini, menurut IDC sebagai firma analis pasar, diperkirakan kemerosotan minat pasar terhadap PC desktop akan mencapai 6,2 persen. Angka tersebut didapat dari data penjualan PC dari seluruh dunia. Selain itu, penjualan tablet dan perangkat two-in-one diperkirakan mencapai angka 221,8 juta unit atau sekitar 3,8 persen penurunan dibanding 2014.

Untuk mendongkrak penjualan PC, Windows 10 diharapkan menjadi kontributor signifikan. Sayangnya, tampaknya kehadiran sistem operasi teranyar Microsoft itu tak akan membantu banyak. Meskipun banyak perusahaan yang akan membeli PC yang menggunakan Windows 10, sebagian besar konsumen cenderung memilih melakukan upgrade ketimbang membeli perangkat baru. Upgrade cuma-cuma yang ditawarkan Microsoft sepertinya akan menjadi pisau bermata dua.

Baca juga: Lenovo IdeaCentre Stick 300, PC Berbentuk USB Drive

Selain itu, alih-alih membeli PC berbasis Windows 10, konsumen juga akan memilih tablet, smartphone maupun gadget yang wearable, semacam Apple Watch, untuk hadiah liburan. Untungnya, berdasarkan pengamatan para analis pasar, angka penjualan PC akan kembali stabil pada 2016.

Terlepas dari penjualan PC, tendensi pasar untuk menggunakan tablet yang menawarkan konektivitas seluler akan meningkat pada tahun-tahun yang akan datang. Bahkan, market share tablet tersebut akan mencapai 40 persen. Pada 2015, tablet Wi-Fi akan memiliki market share sebesar 67 persen, turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 69 persen.

Baca juga: Acer Chromebase AIO PC Masuk Indonesia Seharga Rp 4,4 jutaan

Tablet-tablet yang berjalan di sistem operasi Windows akan kian diminati pada empat tahun mendatang. Pada saat itu, diperkirakan Android menjadi sistem operasi dominan dan disusul oleh iOS. Minat pasar juga akan beralih pada tablet dengan layar berukuran besar. Penjualan perangkat dengan ukuran lebih kecil tampaknya akan turun hingga kurang dari 50 persen pada 2019. Berdasarkan hasil analisa IDC tersebut, para produsen PC harus mempertimbangkan strategi baru untuk meningkat minat pasar.

 

Baca juga artikel

Jangan Buru-buru Beli PC Baru! Ini Alasannya

My Ramadan Companion, Web Khusus Ramadan dari Google

WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Artikel Lainnya

Komentar