Jangan Buru-buru Beli PC Baru! Ini Alasannya

Oleh Nadia Maharani on Kamis, 25 Jun 2015 | 19:17

Hampir setiap minggu Anda mendengar penawaran menarik terkait PC terbaru. Para produsen berlomba-lomba menelurkan produk anyar untuk menarik minat konsumen lewat sederet PC dengan teknologi modern. Namun, perlukah Anda untuk selalu mengganti PC lama Anda? Jawabnya adalah tidak.

 

Tak sedikit pengguna PC yang langsung terlena promosi PC keluaran terbaru. Tanpa berpikir panjang, mereka mengganti PC lama mereka dengan yang baru. Namun, mengganti PC lama sebaiknya jangan dilakukan dengan terburu-buru. Rumput tetangga tak selalu lebih hijau, bukan?

Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor ketika berencana mengganti PC Anda. Kini prosesor baru lebih cepat dari 5 – 10% dari generasi sebelumnya. Hal itu berbeda dengan kondisi beberapa tahun lalu dimana performa CPU bisa melonjak hingga 30% dibanding tipe lama. Analis Linley Group, Linley Gwennap, bahkan berkata bila Anda bisa menyimpan PC lama Anda hingga 7 tahun pemakaian tanpa masalah.

Baca juga: AMD Project Quantum, Mini PC Gaming

Memang, PC cenderung melambat dari waktu ke waktu karena beberapa hal, seperti software yang makin berat atau instalasi sistem operasi lebih tinggi. Anda bisa mengakali hal ini dengan banyak cara, seperti meningkatkan RAM pada PC Anda. Tak hanya mengganti RAM, Anda juga dapat menggunakan SSD daripada hard drive konvensional.

Pernahkah terbesit di benak Anda untuk menggunakan Windows 10. Microsoft telah mendesain sistem operasi ini sedemikian rupa agar dapat berjalan di PC dengan spesifikasi rendah. Bila Anda tertarik, Anda bisa melakukan upgrade gratis ke Windows 10. Penawaran ini berlaku untuk para pengguna Windows 7 dan 8. Tak hanya Windows 10, Linux juga dapat menjadi pilihan alternatif yang tak kalah menarik.

Baca juga: AlienWare Area 51 Gahar Dengan RAM 16GB dan Intel Core i7

Terlalu banyak meng-install aplikasi bisa menjadi salah satu faktor yang membuat PC Anda lambat. Mengapa Anda tidak menggunakan layanan online saja? Anda hanya perlu mencari aplikasi yang tersedia di internet, seperti untuk mengkonvert file. Alih-alih menghabiskan uang untuk membeli PC baru, Anda bisa menggunakannya untuk jasa internet cepat.

Dengan melakukan beberapa hal sederhana, Anda bisa membuang jauh-jauh pikiran untuk mengganti PC Anda. Selain bisa menghemat pengeluaran Anda, merakit PC anyar tak selalu menyenangkan bagi orang awam karena kerumitannya.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar